Bermain Puzzle

  Tim itu seperti puzzle. Tugas pemimpin adalah mengungkap misterinya agar menjadi gambar yang indah.. Jika Attitude seorang tim sudah benar, selanjutnya tinggal menempatkan dia di posisi yang benar juga, agar optimal.. Meletakkan orang yang benar di posisi yg salah, seperti meletakkan puzzle di posisi yang salah juga >> Salah yang meletakkan..! Daripada berusaha memoles […]

3 Hal Yang Saya Pelajari Dari Ayah Saya Tentang Kepemimpinan

  Demo karyawan itu, selain HASUTAN pihak ketiga adalah KELEMAHAN KEPEMIMPINAN.. Jika saya sudah membahas dari sisi saya sebagai ex-buruh. Saat ini saya akan sharing dari sisi pengusaha. Ilmu ini saya dapatkan dari almarhum ayah dan kakak ketiga saya. Alhamdulillaah saya memiliki tim yang loyal dan totalitas. No Demo pastinya…  Yuk Bagikan :

Apakah Kamu Dinosaurus?

    “Saya sudah begini ya begini” atau “Saya lebih nyaman seperti ini..”   Itulah kata-kata Dinosaurus berjuta tahun lalu sebelum punah.. Perubahan memang tidak nyaman, tapi tak ada pilihan selain menyesuaikan, kecuali kita siap punah.. Contohnya social media, siapa yang tak menggunakannya, segera mereka akan tertinggal dan binasa. Kenapa? Karena social media memberikan LEVERAGE bagi bisnis kita. […]

Daripada Unjuk Rasa

  Daripada Unjuk Rasa, Lebih Baik Buka Usaha.. ..atau jual gorengan, koran, di pinggir jalan.. Tunjukkan ketidakpuasan dengan karya bahwa Anda emang benar-benar mampu tanpa mereka.. Unjuk rasa itu melatih mental menuntut, menyalahkan, bukan mengoreksi diri. Lebih baik mengasah diri agar lebih pantas mendapatkan angka yang dituntutkan.. Jadilah Karyawan Bermental Pengusaha.. Seorang pengusaha sudah terbiasa oleh […]

Produk Penetrasi

  “Mas J, aku punya toko online yang jual produk-produk buatanku. Tapi orang kan belum kenal tuh produk atau merekku. Gimana donk?’ Menjual suatu produk/merek yang belum dikenal pelanggan, tentu lebih sulit dibanding menjual produk yang jelas-jelas dicari pelanggan. Jangan katakan produk Anda bagus, jika melirik produk Anda pun mereka enggan. Buatlah mereka masuk ke […]

Dicari Mitra Produsen

  Yubis tersayang. Terimakasih atas kesetiaanmu menemani perjalanan kami. Tak terasa usia Yubi sudah akan menginjak 1 tahun pada tanggal 27 April 2013 ini. Kami akan terus memperbaiki diri demi memajukan UKM Indonesia. Komitmen kami untuk memajukan Yubis (member bisnis Yubi) salah satunya adalah dengan mengekspos secara transparan profil perusahaan Anda, juga profil pribadi << […]

Nakal Itu Bagus

  Kalau menengok masa kecil saya, mungkin sebagian besar guru sekolah saya tidak akan menyangka jika saya akan ‘jadi orang’ (bukannya setan). Saking bandelnya, tetangga saya menyebut saya ‘anak setan’. Saat di bangku SD, saya hampir dikeluarkan oleh kepala sekolah saya, karena sering melanggar peraturan. Menginjak bangku SMP, seorang guru BP (Bimbingan Penyuluhan) menyumpahi saya sambil jarinya […]

Memaknai Zero

  Masih ingat tulisan saya tentang konsep ‘zero’ yang diajarkan Om Bob Sadino? Tulisan tersebut mengundang sedikit kontroversi saat saya kirimkan melalui milis EA. Saat saya memberikan kelas mentoring bisnis di Bogor, saya ditanya oleh seorang peserta,”Mas J, di tulisan Mas J tentang zero, mas menceritakan tentang konsep yang diajarkan oleh Om Bob untuk tidak berharap. […]

Zero

Beberapa tahun lalu Om Bob Sadino menelepon saya, sekedar memberitakan bahwa beliau telah menerbitkan buku baru, berjudul “Bob Sadino; Orang Bilang Saya Gila”. Ehh, pas kebetulan saya sedang di Jakarta, Om Bob-pun mengatakan,”Jay, mampir donk kesini, kangen nih ngobrol sama kamu!”. Spontan saja saya meluncur kesana. Untuk ketiga kalinya saya berkunjung ke rumah Om Bob, […]

Sarang Semut

  Sudah baca belum, tulisan terdahulu saya “Hukum Semut”? Memang awalnya bermula dari gula yang ditebar, setelah itu semut berdatangan. Tapi bukan berarti lantas kita berdiam dan menunggu hasil, karena semua itu bukanlah permanen. Saat tempat lain menawarkan gula yang lebih manis, tentu saja semut-semut yang tadinya nongkrong di tempat kita, berpindah kelain hati. Fenomena […]

Meditasi

 meditasi Untuk menjaga stamina otak saya agar selalu fresh dan ter-update, saya menargetkan  minimum 2 kali dalam setahun harus mengikuti pelatihan(bukan seminar). Rata-rata durasi pelatihan yang saya ikuti 2 sampai 4 hari. Namun di tahun 2010 ada yang berbeda. Pilihan saya jatuh ke pelatihan meditasi kesehatan Tapa Brata (7 hari, 6 malam) di Bali, yang di asuh […]

Penyakit Itu Bernama Berharap

  Berharap dia berubah, ternyata tidak. Berharap dia seperti yang dulu, ternyata berubah. Berharap dia mencintaiku. Berharap dia membalas kebaikanku. Berharap dia mengerti isi hatiku. Berharap dia kembali padaku. Berharap dia selalu bersamaku. Berharap dia seperti aku… Berharap sedekahku berbalas instan. Berharap budiku berbalas susu. Berharap amalku mendatangkan rejeki. Berharap ikhtiarku berbuah kaya. BERHARAP memang […]

Merek Ritual

  Entah kenapa, setiap kali saya mengunjungi pulau Dewata, selalu ada yang membisikkan ke saya, tidaklah lengkap kalau belum mampir ke Joger. Entah kenapa, ketika saya melewati kota Bogor, nggak sah juga, jika tidak membungkus roti unyil Venus. Dan entah kenapa, dari pegawai sampai menteri, jika berkunjung ke Batam, seolah mereka ‘wajib’ mencicipi sup ikan Yong Kee. […]

Gelagat Menipu

  Penipuan Istri tercintaku pernah bertanya: ”yaang, kamu lihat nggak, dia ada gelagat nipu kamu?” Dengan datar saya jawab: ”Ya, aku tahu.” Kemudian dia tanya lagi: ”Lha udah tahu ‘mau’ nipu, koq didiemin sih!” Saya jawab: ”Kan masih ‘mau’, lagian belum ada buktinya kan!” Ehh, dia nggak mau kalah: ”Lha kalau nunggu ada bukti, hilang donk duit kita?” Saya tetap menjawab dengan santai: ”Hilang sedikit nggak papa, yang penting tahu ‘nilai’ seseorang.” […]

Renungan Akhir Tahun

tahun baru  Semua orang ingin sukses, tapi tak semua orang layak sukses. Jalan sukses itu berliku, terjal, naik, berbelok-belok, memutar, tapi jalan itu ada! Jalan itu terbuka untuk semua orang, termasuk Anda, tapi tak semua orang akan sampai ke finish. Banyak godaan untuk berhenti, baik faktor langit ataupun bumi dikambing hitamkan. Jarang ada orang yang […]

Habis Lulus Ngapain?

  “Sekolah yang pinter ya nak, supaya setelah lulus bisa dapat kerja di perusahaan besar”. Mungkin kata-kata seperti ini masih sering kita dengar dari para orang tua murid. Kenapa tidak seperti ini,”Jangan sekedar cari ijazah nak, tapi juga ketrampilan dan jaringan, supaya kamu bisa jadi Pengusaha”. Memang sudah namanya budaya bangsa ini, jadi tidaklah mudah […]

Bagaimana Cara Nge-tweet Yang Benar

  “Segala sesuatu ada ilmunya…”, demikian juga ngetwit. Sepertinya simple, hanya permainan 140 karakter, bahkan kurang, tapi bisa mempengaruhi pola pikir banyak orang. Yuk pelajari ilmunya…   Tips Dasar Ngetwit 1.    Perhatikan WAKTUnya. Masing-masing akun, punya karakter follower berbeda-beda, juga kebiasaan berbeda-beda. Kenalilah mereka, caranya? Pantau jumlah yang RT, dengan twit yang serupa di jam yang beda, […]

Anti Kemapanan

  Ahli ilmu perilaku pernah mencoba memasukkan katak hidup dalam kuali yang berisi air mendidih. Spontan katak itu lompat melebihi batas lompatannya yang wajar. Percobaan kedua dilakukan dengan cara yang berbeda. Kuali berisi air dengan suhu normal, kemudian katak yang lain dimasukkan. Karena airnya bersuhu normal, katak tersebut tak melakukan perlawanan alias diam saja. Apalagi […]