Dasar-dasar Beriklan Di Internet – Bagian 2

Iklan

 

 

Setelah pada bagian pertama kita berkenalan dengan beberapa jenis iklan di internet dan pihak-pihak yang terkait, sekarang kita akan membahas bagaimana perhitungan dalam beriklan di internet.

Sebagai catatan, perhitungan disini hanya merupakan gambaran perhitungan iklan secara umum pada media periklanan besar seperti Google Adwords atau Facebook ads.

Mohon tidak menjadikan tarif yang saya contohkan disini sebagai acuan. Sebelum memajang iklan Anda, pelajari terlebih dahulu media periklanan Anda terutma tarif iklan-nya.

Mengenai jenis dan media periklanan sudah saya bahas pada artikel sebelumnya, silahkan Anda baca disini.

Berikut ini adalah beberapa formula yang umum digunakan untuk menghitung berapa biaya yang harus Anda keluarkan saat beriklan di internet:

 

Menghitung CPM

CPM adalah singkatan dari cost per mile. Dimana mile adalah bahasa latin dari seribu (1000).

Artinya disini, Anda akan memasang iklan yang akan dihitung per 1000 impresi (impressions.) Dimana impresi untuk website atau toko online sering juga disebut dengan page views. Anda dapat melihat Google Analytics Anda untuk mengetahui data page views untuk toko online Anda.

CPM mungkin adalah model iklan yang paling umum yang ada di internet. Iklan Anda akan dihitung per berapa orang yang melihatnya terlepas dari aktivitas mereka terhadap iklan tersebut (apakah mereka meng-klik iklan Anda atau tidak.)

Rumus umum yang sering digunakan untuk CPM adalah:

Biaya Advertiser = CPM x (impressions/1000)

Jadi misalnya tarif CPM yang dikenakan ke Anda untuk banner animasi adalah adalah: 5 $, Anda memajang iklan yang memiliki rata-rata 200.000 page views, maka:

Biaya Avertiser = 5 x (200.000/1000)

Maka biaya iklan yang harus Anda bayar untuk 200.000 orang yang melihat iklan Anda adalah: 1000 $

Beberapa media lokal memasang tarif dalam rupiah, namun perhitungannya biasanya sama. Anda tinggal mengganti biaya CPM ke rupiah.

Jika Anda takut memasang iklan melebihi budget iklan Anda, maka Anda dapat terlebih dahulu menghitung tarif iklan sesuai budget dengan membalik rumus diatas menjadi:

CPM = Biaya Advetiser (budget iklan) x 1000/ impressions

Misalnya budget iklan Anda hanya 200 $ dan Anda mentargetkan 20.000 orang untuk melihat iklan Anda,  maka perhitungannya:

CPM = 200 x 1000/ 20.000

Maka Anda harus mencari media iklan yang memasang tarif 10 $ untuk iklan CPM mereka.

Perhitungan terakhir ini bisa juga Anda gunakan jika Anda ingin menentukan tarif untuk menjual lokasi banner iklan di website Anda kepada orang lain.

 

Menghitung CPC

CPC adalah singkatan dari cost per click. Dari sisi publisher, model periklanan ini sering juga disebut dengan Pay Per Click (PPC.)

CPC memiliki rumus penghitungan yang lebih sederhana. Pada dasarnya Anda harus membayar tarif CPC sesuai dengan jumlah klik yang terjadi, rumusnya:

Biaya Advertiser  = CPC x Jumlah Klik

Sebagai contoh, tarif CPC yang ditetapkan adalah 0.5 $, dan Anda mentargetkan 1000 klik, maka:

Biaya Advertiser = 0.5 x 1000

Dari perhitungan diatas, biaya yang harus Anda bayar adalah: 500 $.

Seperti biasa Anda bisa memutar balik rumusnya untuk menentukan tarif iklan sesuai budget Anda. Rumusnya menjadi

CPC = Biaya Advertiser (budget iklan) / Jumlah Klik

Sebagai contoh, Anda memiliki budget 200 $ dan mentargetkan untuk 10.000 klik. Maka:

CPC = 200 / 10.000

Maka Anda harus mencari media iklan dengan tarif iklan: 0.02 $ per klik.

 

Menghitung CTR

CTR adalah singkatan dari click through rate. CTR akan menentukan seberapa efektif iklan yang Anda pajang. CTR ditentukan dalam persen.

Rumus CTR adalah:

CTR = (jumlah klik/ jumlah impresi) x 100

Misalnya Anda memajang iklan yang menghasilkan 10.000 impresi dan 1000 klik maka nilai CTR Anda adalah:

CTR = (1000/ 10.000) x 100

Maka nilai CTR Anda adalah: 10%.

10% CTR artinya: rata-rata ada 10 orang yang meng-klik iklan Anda dari setiap 100 orang yang melihatnya.

 

Menghitung CR

CR adalah singkatan dari conversion rate. Artinya adalah persentasi orang yang ter-konversi menjadi prospek atau pembeli melalui iklan Anda. CR juga ditentukan dalam persen.

Rumus CR adalah:

CR = (Jumlah konversi/ impresi) x 100

Misalnya ada 20 orang menghubungi Anda atau membeli yang berasal dari iklan Anda, sementara iklan Anda menghasilkan 1000 impresi maka:

CR = (20/1000) x 100

Nilai conversion rate Anda adalah: 2%

 

Menghitung CPA

Beberapa media menerapkan tarif dengan model CPA. CPA adalah singkatan dari cost per acquisition. Artinya berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendatangkan seorang pengunjung ke toko online Anda.

Perhitungan ini sebaiknya Anda gunakan jika Anda sudah pernah beberapa kali beriklan di internet dan sudah mendapatkan polanya.

Rumus CPA adalah:

CPA =Biaya Advertiser (budget iklan) / (impresi x CTR x CR)

Jadi misalnya budget iklan Anda adalah 200 $, dari iklan terdahulu Anda mengetahui bahwa impresi: 10.000, CTR Anda: 5%, dan CR: 2%, maka:

CPA = 200 / (10000 x 0,05 x 0.02)

Maka nilai CPA Anda adalah: 20 $

 

Perhitungan-perhitungan iklan diatas masih merupakan perhitungan umum dan mendasar yang nantinya akan sering Anda jumpai di internet. Masih ada beberapa model formula iklan yang ada di internet yang akan terlalu panjang jika saya bahas disini.

Namun perhitungan diatas sudah cukup sebagai referensi awal untuk Anda yang baru akan memulai untuk beriklan di internet.

 

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas apa yang harus Anda persiapkan sebelum memasang iklan di internet.

Selamat mencoba.

 

Ilustrasi: ilikeflowersalot

The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.