Belajar Apapun Akan Lebih Cepat Dengan Teknik Sederhana Ini

feynman

 

Di era dimana perubahan terjadi sangat cepat seperti sekarang ini, Anda harus belajar hal baru dan beradaptasi terhadap perubahan dengan sangat cepat.

Terutama jika bisnis Anda banyak melibatkan perubahan telnologi seperti bisnis online. Bukan hanya karena hal-hal baru terus bermunculan, namun hal yang ada sekarang juga akan terus berubah seiring perkembangan teknologi.

Lihat saja Facebook, dalam 2 tahun belakangan ini, banyak sekali perubahan terjadi didalam layanan social media paling populer di dunia ini. Perubahan itu tidak hanya terjadi pada tampilan depan, namun juga secara fungsi, peraturan, proses penggunaan, dan lain-lain.

Masalahnya, jika Anda pemilik bisnis online, maka Anda akan langsung menerima dampak perubahan ini seketika, saat perubahan itu terjadi.

Anda dituntut untuk sesegera mungkin mempelajari situasi dan beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi.

Berikut ini adalah salah satu teknik yang sering saya gunakan untuk mengingat dan mempelajari sesuatu yang baru dengan cepat.

Teknik ini disebut Feynman Technique yang diambil dari nama penemunya, peraih penghargaan nobel: Richard Feynman.

Teknik ini sangat sederhana dan terbukti sangat efektif untuk mempelajari sesuatu yang baru (setidaknya untuk saya.)

Anda bisa menggunakan teknik ini untuk mempelajari apapun seperti:

  1. Mata kuliah di kampus.
  2. Mengingat resep.
  3. Membuat standart operasional bisnis Anda.
  4. Mahir menggunakan layanan online baru.
  5. Dan lain-lain.

Inilah 4 tahapan untuk menerapkan Feynman Technique:

 

Pilih Materi Apa Yang Ingin Anda Pelajari

Pilih satu materi yang ingin Anda pelajari, fokuslah. Semakin fokus dan spesifik materi tersebut semakin baik. Sumber materi Anda juga harus sangat terpercaya.

Materi pelajaran lebih penting daripada metode belajar. Seefektif apapun metode belajar Anda kalau materi Anda tidak bagus, maka dampaknya tidak akan optimal.

Pilihlah buku, video, artikel blog atau apapun materi yang Anda suka, pilih yang terbaik. Tanyakan kepada orang-orang yang sudah berhasil di bidang tersebut untuk mendapatkan referensi buku atau materi yang ia pelajari.

 

Tulis Seperti Anda Mengajarkan Materi Tersebut Kepada Orang Lain

Inilah kunci dari Feynman Technique. Anda harus menuliskan apa yang Anda pelajari, namun bukan untuk Anda atau catatan Anda dikala Anda lupa.

Tuliskan seperti layaknya catatan Anda akan dibaca oleh orang lain, dan orang tersebut akan memahami isi catatan Anda.

Lebih baik lagi, tulislah catatan Anda di blog, berikan ke orang lain, tanyakan apakah ia mengerti.

 

Jika Anda Mandeg, Baca Kembali

Jika catatan Anda mandeg, atau Anda lupa suatu bagian pada materi Anda, tinjau kembali referensi Anda. Pelajari lagi sampai Anda bisa menjelaskannya ke orang lain.

 

Sederhanakan

Intinya adalah di penyederhanaan. Seringnya Anda tidak bisa menggunakan kembali kata-kata atau istilah yang Anda jumpai di buku atau referensi Anda.

Anda harus memilih kata-kata lain untuk menyederhanakan catatan Anda sehingga orang yang tidak baca sama sekali buku yang Anda baca, bisa mengerti isi catatan Anda.

 

Saya sudah mengaplikasikan teknik ini dari tahun 2010 untuk mempelajari banyak sekali hal, dari mulai belajar bermain bass, gitar, piano, drum, SEO, marketing, hingga pemrograman web. Walaupun mendasar,  beberapa materi yang saya pelajari masih menempel di kepala saya hingga sekarang walaupun tidak pernah saya baca kembali.

Anda tidak membutuhkan IQ yang tinggi untuk bisa menguasai segala hal, Anda hanya butuh kemauan yang kuat, serta memahami bagaimana tubuh (terutama otak) Anda bekerja. Intinya Anda harus yakin Anda bisa, walaupun Anda gaptek.

Feynman Technique juga merupakan salah satu alasan saya mulai menulis blog, dari komentar-komentar di blog atau respon di Twitter, saya bisa mengetahui apakah artikel yang saya tulis cukup mudah dimengerti oleh pembaca saya atau tidak.

Selamat mencoba.

Bagaimana dengan Anda? Anda memiliki metode belajar yang berhasil Anda terapkan?

 

Ilustrasi: kandinski

 

 

The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.
Yuk Bagikan :

Diskusi

Komentar