Order Banyak = Omzet Meledak?

Para pebisnis khususnya pebisnis online, pasti akan merasa senang ketika banyak orderan yang datang. Tidak jauh berbeda dengan pebisnis yang memiliki toko offline, jika pengunjung tokonya ramai pasti merasa senang. Tapi apakah semua yang datang ke toko tersebut akan membeli? Belum tentu.

Hal yang sama berlaku dalam bisnis online. Semua orderan, belum tentu ‘closing’. Mari kita cek, dari banyaknya order yang ada di toko online Anda, kira-kira berapa persen pelanggan yang menyelesaikan pembayaran?

Mungkin ada yang menjawab 40%, 60%, atau bahkan mungkin 90%? Closing melebihi 80% dari total order bisa dibilang tinggi! Jika hanya 40% yang menyelesaikan pembayaran, berarti ada 60% pelanggan Anda yang hanya order kemudian tidak melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu transfer. Berarti rumus order banyak = omzet meledak tidak terbukti ‘kan dalam kasus ini?

Masih banyak pelanggan yang lupa transfer, alasannya macam-macam, mulai dari lupa transfer hingga masih membanding-bandingkan harga dengan toko sebelah. Padahal sudah diingatkan saat transaksi, ‘Batas transfer hanya 2 x 24 jam ya sis/gan, jika lewat maka orderan batal.’

Jika sudah mengingatkan tapi ternyata pelanggan Anda belum juga transfer pembayaran, salah satu cara yang biasanya dilakukan adalah dengan follow-up. Follow-up sangat penting untuk memperbesar faktor closing. Follow-up bisa dilakukan melalui telpon, chat messenger, email, dan sms.

Kalau orderan masih satu dua orang per hari, follow-up masih bisa dengan cara manual. Tapi, kalau orderan sudah puluhan bahkan ratusan order per hari. Masih mau follow up satu per satu? Jempol bisa kram dong…

Pakai toko online di Yukbisnis.com nggak perlu takut jempol kram karena follow-up. Tinggal pasang plugin SMS Reminder, maka pelanggan akan dikirimkan sms otomatis jika belum membayar invoicenya.

 

fitur sms reminder

 

Plugin ini hanya tersedia bagi pengguna Yubi Pro. Tetapi, bagi Anda yang masih belajar, Anda juga bisa mencoba Yukbisnis versi latihan. GRATIS selama 30 hari!

KLIK DI SINI >>> COBA GRATIS YUKBISNIS

 

 

Yuk Bagikan :
The following two tabs change content below.

Anita Yulia

Seorang lulusan Sarjana Teknik Industri yang punya hobby menulis dan bermain biola.

Diskusi

Komentar