Membuat Profil Twitter Yang Menjual

Print Friendly

Twitter-profile

 

Profil di Twitter sering kali menjadi hal pertama yang dibaca oleh target pasar Anda setelah tweet Anda. Profil Twitter yang baik bisa membuat perbedaan besar apakah seseorang akan mem-follow Anda atau tidak. Jika Anda menggunakan Twitter untuk bisnis Anda, Anda juga tidak bisa melupakan salah satu elemen penting ini. Namun kendala yang harus Anda hadapui seperti semua hal di Twitter adalah: keterbatasan ruang. Twitter hanya mengizinkan Anda untuk menulis profil sepanjang 160 karakter, sebuah gambar header, sebuah profil picture, gambar background, dan satu alamat website. Hal ini sangat sedikit jika Anda gunakan untuk mengkomunikasikan seperti apa bisnis Anda ke pasar Anda. Namun dengan sedikit trik, Anda dapat memanfaatkan seluruh elemen profil Anda untuk berpromosi.

Mari kita lihat elemen profil Twitter ini satu-persatu:

 

Header Image

Twitter Header

 

Header image adalah gambar yang akan Anda lihat pada bagian utama profil Anda. Fungsinya mirip seperti Facebook Cover. Header image akan menjadi latar belakang tulisan profil Anda, jadi pilihlah warna-warna yang akan membuat profil Anda mudah untuk dibaca. Header image juga akan muncul secara seragam dimanapun Anda mengakses Twitter. Baik dari PC,. iPhone, iPad, Android, dll.

 

Twitter Profile

 

Karenanya pertimbangkan gambar yang mudah dilihat dari seluruh gadget tersebut. Dimensi yang ditekomendasikan untuk header image di Twitter adalah:

  • Dimensi gambar yang direkomendasikan: 1252 pixels x 626 pixels.
  • Memiliki lebar lebih dari 700 pixels agar kualitas gambarnya terjaga.
  • Memiliki ukuran file dibawah 5MB.

Twitter akan secara otomatis memberikan sedikit efek bayang-bayang berwarna abu-abu kehitaman pada bagian bawah foto Anda. Karenanya bereksperimenlah hingga Anda mendapatkan komposisi header image yang tepat.

Anda dapat meng-upload header image pada bagian: Setting => Profile.

 

twitter-header

 

 

Untuk memudahkan Anda, gunakan template Photoshop ini untuk memandu Anda dalam mendesain Twitter Header. Download template-nya disini.

 

Background Image

Background image adalah gambar yang menjadi latar belakang halaman profil Anda di Twitter. Background image dapat bermanfaat sebagai media berkomunikasi visual dan jika dikombinasikan dengan header image, dapat membantu sarana komunikasi visual bisnis Anda. Namun hal yang harus Anda ingat adalah, background image tidak bisa di klik, sehingga buatlah informasi seperti alamat URL Anda menjadi mudah untuk dibaca. YukBisnis sendiri memanfaatkan background image di Twitter untuk menginformasikan akun-akun social media yang lain sekaligus berpromosi.

 

twitter-background

 

 

Agar bisa meng-upload background image, Anda dapat menuju Setting => Design. Anda dapat memilih background yang tersedia atau dapat membuat desain Anda sendiri.

 

twitter-background

Jika Anda mendesain sendiri  saran dimensi ukuran background dari kami adalah:

  • Dimensi gambar: 1922 pixels x 1201 pixels.
  • Ukuran file gambar tidak lebih dari 2MB.

Anda dapat meng-upload-nya pada menu dibawah pilihan background. Temukan tombol bertuliskan “Change Background.”

change-background

 

 

Anda dapat mencentang tulisan “Tile Background” untuk mendapatkan efek gambar background yang berulang-ulang. Namun tidak saya sarankan jika dimensi Anda sudah mengikuti rekomendasi kami diatas.

 

Nama, Lokasi, Bio, Website

Yang harus Anda optimalkan selanjutnya adalah semua unsur profil berbasis text, yaitu: Nama, Lokasi, Bio, dan Website. Untuk nama kami menyarankan Anda untuk menulis sebagaimana adanya brand Anda. Ingatlah bahwa Anda selalu bisa menggantinya nanti. Bereksperimenlah dengan nama bisnis Anda.

Lokasi akan langsung membentuk segmentasi pasar Anda terutama jika Anda memiliki bisnis retail atau kuliner. Jika Anda sudah memiliki lebih dari satu lokasi, tulislah lokasi kantor pusat bisnis Anda.

Untuk bio, Anda bisa menuliskan beberapa kemungkinan seperti:

  • Tagline bisnis Anda.
  • Nomor kontak atau alamat email yang mudah dihubungi.
  • Promosi bisnis yang sedang Anda jalankan.
  • Menuliskan kata kunci terkait dengan bisnis Anda agar akun Anda mudah ditemukan.
  • Hal-hal yang unik diseputar bisnis Anda.

Untuk website, kami masih sering menemukan bisnis yang membiarkan alamat web-nya kosong, atau menuliskannya dengan alamat untuk profil Twitter. Jika Anda tidak memiliki website, Anda bisa saja menuliskan akun social media lain seperti Facebook. Atau Anda dapat membuat toko online gratis untuk bisnis Anda di YukBisnis dimana Anda akan mendapatkan URL khusus untuk bisnis Anda. Intinya jangan biarkan kosong bagian website ini.

Tidak ada satu formula khusus untuk membuat profil Twitter yang menjual, Anda harus terus bereksperimen dan mencari mana yang paling berhasil untuk bisnis Anda.

Selamat Mencoba.

 

Ilustrasi: rosauraochoa

The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.

Diskusi

Komentar

Trackbacks

  1. [...] di YukBisnis HOT kami sudah pernah membahas bagaimana mendesain pesan visual Anda di Facebook dan Twitter. Namun disini kami akan melangkah lebih jauh lagi dan membongkar semua dimensi yang Anda butuhkan [...]

  2. [...] disadur dari hot.yukbisnis.com [...]