Memulai Bisnis UKM dengan Mengikuti 10 Tips Singkat ini!

Memulai sebuah bisnis UKM bukanlah hal yang mudah. Anda tentu perlu melakukan banyak hal untuk membuat bisnis UKM Anda bergerak menuju kesuksesan. Bukan hanya itu, Anda juga harus memiliki beberapa mindset yang tepat agar Anda mampu bertahan ketika bisnis UKM Anda mengalami hambatan.

Untuk memulai bisnis UKM Anda, ada baiknya jika Anda membaca 10 tips singkat ini terlebih dahulu!

1. Lebih Realistis

Ketika Anda merencanakan sebuah UKM, Anda harus menuliskan perencanaan tersebut dengan realistis. Untuk melakukannya, Anda akan memerlukan penelitian kecil dengan mengamati perjalanan UKM yang serupa. Amati perjalanannya dan bagaimana UKM tersebut bisa berhasil atau malah gagal. Semakin detail hasil dari pengamatan Anda, maka semakin mudah pula bagi Anda untuk menyusun rencana bisnis UKM yang baik.

 

2. Carilah Partner

Tidak ada orang yang bisa menebak bagaimana perkembangan bisnis UKM Anda. Apakah akan melonjak secara tiba-tiba, atau malah gagal di perjalanannya. Melihat besarnya resiko yang mungkin menghampiri, ada baiknya jika Anda mencari partner bisnis sehingga Anda bisa bertukar pikiran dan juga sharing beban yang ada pada saat menjalankan bisnis UKM tersebut.

 

3.Maksimalkan Kemampuan Anda

Anda dapat memaksimalkan kemampuan Anda dengan melibatkan diri Anda sendiri ke dalam berbagai pekerjaan yang harus dilakukan untuk menunjang keberlangsungan bisnis. Selama Anda bisa melakukanya sendiri, ada baiknya jika Anda memberikan kemampuan maksimal Anda terhadap bisnis UKM yang baru Anda mulai tersebut.

 

4. Hargai Waktu yang Anda Miliki

Anda dapat menghargai waktu Anda dengan memanajemen waktu yang Anda miliki untuk bisnis UKM yang Anda jalankan. Anda juga bisa menghabiskan waktu istirahat Anda dengan bersantai sambil membaca buku atau artikel ringan mengenai bisnis dan kisah inspiratif orang-orang yang mengawali kesuksesannya dengan memulai bisnis UKM.

 

5. Rekrut Karyawan Profesional

Untuk meringankan pekerjaan Anda, Anda bisa merekrut karyawan yang profesional pada bidang yang ingin Anda kembangkan. Dengan merekrut pekerja profesional, Anda bisa meluangkan waktu Anda untuk mengerjakan hal lainnya. Tentu dengan cara ini bisnis UKM Anda bisa bergerak menuju kesuksesan lebih cepat.

 

6. Jual Kelebihannya

bisnis UKM

Ketika Anda mencoba untuk memasarkan produk Anda, cobalah untuk menonjolkan sisi unik pada produk Anda. Sisi unik tersebut biasa dikenal sebagai Unique Selling Proposition (USP) yang bisa menjadi kelebihan dan juga ciri khas dari bisnis UKM Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu bersaing dengan produk yang umumnya berfokus pada harga produk yang ditawarkannya.

7. Amati Cashflow Anda

bisnis UKM

Bagi sebuah bisnis, cashflow adalah salah satu hal yang penting untuk diamati. Semua kegiatan yang berhubungan dengan uang harus dicatat. Baik pendapatan mau pun pengeluaran harus didata secara terperinci sehingga suatu saat nanti Anda sendiri bisa mengamati apakah pengeluaran yang telah Anda lakukan efektif, atau justru tidak efektif. Cashflow yang terperinci juga dapat menjadi motivasi bagi Anda untuk melakukan kegiatan promosi yang dapat meningkatkan penjualan.

 

8. Gunakan Teknologi yang Sesuai dengan Kebutuhan

bisnis UKM

Penggunaan teknologi muktahir pasti membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien. Namun, semakin canggih teknologi yang Anda gunakan, tentu Anda akan mengeluarkan jumlah uang yang lebih banyak. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis UKM Anda.

 

9. Menjalin hubungan yang Baik dengan Vendor

bisnis UKM

Jalinlah hubungan baik dengan vendor atau pun supplier Anda sehingga nanti ke depannya Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi, baik memesan barang, mau pun berbagai fasilitas yang memudahkan bisnis UKM Anda nantinya.

 

10. Lakukan Sebaik Mungkin

bisnis UKM

Apa pun yang Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis UKM Anda, pastikan Anda melakukan yang terbaik. Dengan melakukan segala kegiatan dengan seluruh kemampuan Anda, maka bisnis UKM Anda akan berkembang lebih cepat dan Anda bisa segera meraih kesuksesan yang Anda impikan.

 

Merintis sebuah bisnis UKM hingga menjadi besar memang pekerjaan yang tak mudah. Setelah membaca kesepuluh tips ini, ada baiknya jika Anda terus melakukannya secara berulang sehingga bisnis UKM Anda akan semakin maju. Akhir kata, Sribu berharap agar pembaca dapat terbantu dalam menjalankan bisnis UKM yang baru saja Anda rintis.

The following two tabs change content below.
Founder & CEO of Sribu.com - #1 Marketplace for Graphic Design in Southeast Asia. Over 7 years working experience in 6 difference industries: FnB, Travel, Insurance, Re-insurance, IT and Internet Services. Obsessed in achieving maximum output with optimum resources. Specialties:Team building, data analysis, strategic partnership, investor relation, execution. Crowdsourcing specialist, creative-preneur, loves challenges. Snowboarding maniac.
Yuk Bagikan :

Diskusi

Komentar