Kenali Lebih Lanjut Blog Untuk Bisnis

Blog

 

 

Blog adalah salah satu format social media yang mempunyai unsur paling panjang. Karena panjangnya unsur tersebut, blog menjadi sarana berlomba untuk menciptakan konten yang bagus. Mengapa isian konten dari blog harus bagus dan disukai banyak orang? Blog yang memiliki isian konten yang apik dan dicari banyak orang akan berdampak pada SEO blog tersebut. Contohnya Wikipedia, yang menjadi acuan semua orang dalam mencari informasi yang rapi dan terpercaya.

Saat ini, sudah banyak yang menyediakan platform penyedia blog gratis seperti Blogger maupun WordPress. Kedua blog ini unggul dalam masalah mudahnya penggunaan dan masalah teknis seperti SEO. Namun bila Anda ingin mencoba platform lain, saya sarankan menggunakan BlogYubi.

BlogYubi terintegrasi langsung dengan bisnis Anda, sehingga jika Anda memiliki strategi blog bisnis yang baik, seluruh pengunjung blog Anda akan menjadi prospek toko online Anda.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam mengembangkan blog untuk bisnis:

 

Prinsip Blog

1. Opini

Blog adalah salah satu cara untuk menyalurkan opini ke publik. Karena itu, di dalam blog Anda bebas mengutarakan pendapat Anda. Ini akan menjadi salah satu strategi marketing Anda, karena menciptakan word of mouth adalah bagian dari marketing.

Artinya, jika tulisan di blog Anda mengundang kontroversi atau ramai dibicarakan publik, berarti Anda telah berhasil menciptakan word of mouth. Namun Anda harus tetap berhati-hati menanggapi komentar yang diberikan orang-orang.

 

2. Scanable

Berbeda dengan majalah apalagi koran, konten dari sebuah blog haruslah scanable. Jangan buat paragraf yang terlalu panjang hingga orang-orang malas membacanya. Sisipkan gambar-gambar maupun video.

Selain itu, buatlah sub judul di dalam blog. Jangan jabarkan semuanya tanpa kehadiran sub judul. Sub judul membuat tatanan blog lebih menarik. Jangan buat yang terlalu besar, gunakan Heading 3 sudah cukup menarik perhatian.

 

3. Tidak Oversell atau Undersell

Seimbang antara artikel yang berisi informasi dan yang beris promosi. Jangan sampai Anda terlalu banyak iklan (oversell) ataupun terlalu banyak mem-posting artikel tapi tidak pernah mengiklankan produk Anda. Terus buat apa?

 

4. Permission Marketing

Pada dasarnya membuat blog adalah untuk menjual produk Anda. Namun, jangan sampai orang yang datang dan ingin menikmati blog Anda malah terganggu oleh banyaknya iklan produk Anda. Buatlah orang datang karena artikel Anda, dan ajaklah mereka untuk membeli produk Anda secara ‘halus’, bukan paksaan.

 

5. Keterbukaan

Meskipun Anda mengelola blog perusahaan, pastikan terdapat sentuhan personal dalam blog tersebut. Biarkan mereka mengetahui siapa penulis artikel di dalam blog yang mereka sukai. Gunakan kata ‘Anda’ atau ‘kamu’, jangan ‘kalian’ atau ‘kita’.

 

 

Unsur-unsur dalam Blog

 

Judul

Headline atau judul adalah unsur terpenting dalam sebuah blog. Mengapa? Karena bila judulnya tidak menarik, siapapun tidak akan tertarik untu membacanya. Contohnya judul-judul berita dari Detik.com.

Karena itu, buatlah judul tersebut semenarik mungkin karena judul menguasai 80% dari blog itu sendiri. Biarpun kontennya sangat bagus, jika judulnya tidak berhasil mengundang perhatian, maka sia-sia saja tulisan Anda.

 

Konten/Isi

Konten bisa Anda isi sesuka Anda, namun tetaplah perhatikan tanda baca dan gaya tulisan Anda. Sebaiknya Anda menuliskan hal-hal yang sering dicari oleh orang-orang.

Berikut adalah 7 hal yang paling sering dicari orang di website atau blog:

  • Konten yang membuka rahasia, membagikan sesuatu yang sifatnya rahasia.
  • Konten yang sifatnya membandingkan (Kecil VS Besar).
  • Kisah sukses atau mimpi yang jadi kenyataan.
  • Cerita.
  • Apapun yang bermanfaat dan memberikan edukasi.
  • Motivasi dan inspirasi.
  • Lelucon / jokes.

 

Label dan Kata Kunci

Akan sangat baik bila Anda selalu menyertakan label dalam setiap posting blog Anda, hal tersebut akan mempermudah pembaca untuk mencari topik yang dia sukai. Jangan lupa sertakan kata kunci untuk keperluan SEO artikel tersebut.

Ingat, jangan sembarang menaruh kata kunci yang terlintas di benak Anda. Pilihlah beberapa yang paling mewakili artikel yang Anda buat. Kata kunci utama yang paling sering dicari dan menjadi inti posting tersebut, tempatkan paling depan.

 

Di jaman serba instan ini, mengurus blog mempunyai tantangan tersendiri. Kuncinya adalah konsistensi. Putuskan kapan saja Anda akan menerbitkan artikel baru, dan patuhi hal itu. Paling baik minimal seminggu sekali. Jika Anda terlalu lama tidak membuat posting, pengikut blog Anda akan malas berkunjung lagi ke blog Anda dan lari entah ke mana.

 

Baca juga artikel mas Fikry Fatullah mengenai SEO disini untuk membantu Anda membuat blog yang lebih baik :D.

 

Ilustrasi: The Italian Voice

The following two tabs change content below.
Miss Yubi selalu gemar berbagi artikel dan tips mengenai bisnis online serta event dan berita terbaru YukBisnis.Com. Hari-harinya sibuk berjualan di YubiStore.
Yuk Bagikan :

Diskusi

Komentar