Penting!!! Lengkapi Deskripsi Produk Anda Sekarang Juga

Deskripsi Produk
3 hari ini saya sempat mengunjungi beberapa toko online di Yukbisnis. Ada satu kesalahan yang saya temui secara berulang, yaitu pengisian deskripsi produk yang amat sangat singkat, ditambah dengan foto produk yang tidak menggambarkan produk tersebut secara utuh. Sehingga, saya kesulitan untuk mengetahui produk seperti apa sebenarnya yang dijual.

Pada toko online, calon pelanggan Anda sama sekali tidak bisa melihat secara langsung produk yang Anda jual. Untuk itu, Anda perlu memberikan mereka gambaran lengkap dengan menuliskannya di deskripsi produk. Buat pelanggan Anda bisa menginderakan produk yang Anda jual seolah-olah produk tersebut ada di hadapan mereka, bisa mereka lihat dan sentuh secara langsung.

 

Bagaimana cara mengetahui deskripsi produk yang kurang lengkap?

1. Baca ulang deskripsi produk Anda, bisakah Anda membayangkan bentuk produk Anda hanya dengan membacanya.

Atau, Anda bisa meminta seseorang yang belum pernah melihat produk Anda secara langsung kemudian tanyakan apakah ia dapat menginderakan produk Anda hanya dengan melihat gambar dan membaca deskripsinya.

Tanyakan bagian mana yang belum bisa mereka inderakan, apakah pada ukuran, jenis bahan dan lain sebagainya. Setelah Anda mengetahuinya, segera lengkapi.

 

2. Lihat perilaku pelanggan atau calon pelanggan Anda, masihkah mereka menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan produk Anda, seperti menanyakan ukuran, warna, bahan (untuk produk fashion) dan pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan produk.

Jika masih ada, berarti Anda perlu melengkapi deskripsi produk dengan informasi yang dibutuhkan pelanggan.

 

3. Bagaimana dengan tingkat kepuasan pelanggan setelah produk mereka terima.

Jika tingkat kepuasannya rendah, dalam artian banyak yang kecewa, berarti ada informasi yang salah pada deskripsi produk Anda. Bisa jadi deskripsi kurang lengkap atau bahkan tidak sesuai. Segera perbaiki dan lengkapi.

 

Dari sudut pandang SEO, jika halaman produk Anda ingin tampil di halaman pencarian Google, berikut ketentuan yang harus Anda penuhi :

  1. Deskripsi harus orisinil bukan hasil menyalin dari toko online lain.
  2. Tulis deskripsi minimal 300 kata.
  3. Sisipkan kata kunci Anda pada 100 kata pertama dan 100 kata terakhir.

 

Kenapa harus menuliskan minimal 300 kata?

Google membaca perilaku user yang masuk ke toko online Anda, termasuk lama user berada di sana.

Jika user bertahan lama di dalam toko online Anda, maka Google akan menganggap konten yang ada di dalamnya penting dan sangat bermanfaat, sehingga Google akan menempatkan toko online Anda di peringkat yang lebih baik.

Bagaimana user bisa bertahan lama jika deskripsi Anda sangat singkat, hanya beberapa detik saja mereka sudah selesai membaca seluruh deskripsinya.

Bedakan ketika Anda menuliskan deskripsi yang lebih panjang, maka user akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca seluruh deskripsi Anda.

 

Jadi, sudahkah halaman produk toko online Anda memenuhi kriteria di atas? Jika belum segera lengkapi dan perbaiki sekarang juga.

 

Seperti biasa diskusi di Grup ya, klik disini >> SEO Toko Online

Share agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat dari tulisan ini.

 

Belajar bisnis dari 18 + praktisi berpengalaman di #KopdarAkbarYukbisnis klik disini untuk informasi lengkapnya >> bit.ly/kopdaryubi

The following two tabs change content below.

Defriansyah

Juragan Optimasi (SEO) at Yukbisnis
Juragan Optimasi (SEO) @YukbisnisCom Sangat mencintai dunia optimasi mesin pencari, hari-harinya lebih banyak dihabiskan untuk meng-optimasi situs dan sesekali berbagi tips dan trik SEO.
Yuk Bagikan :

Diskusi

Penting!!! Lengkapi Deskripsi Produk Anda Sekarang Juga