Momen Tidak Menyenangkan Ketika Nama Brand Bisnis Kita Sudah Didaftarkan Orang Lain.

Dalam membangun bisnis, sudah bukan rahasia lagi jika branding merupakan salah satu strategi marketing yang banyak digunakan. Mengapa? Salah satunya, agar konsumen lebih mudah mengingat produk atau jasa Anda.

Contoh kasus, Anda memiliki bisnis Sate Padang tapi nggak pakai brand, berapa banyak pengusaha sate padang yang ada di kota Anda? Bisa keriting jika menjelaskan kepada konsumen,
“sate padang anu, di jalan anu, dengan resep koki anu, di samping warung anu”
Waduh!
Bandingkan jika untuk mempromosikan, cukup dengan menyebut Sate Padang Bundo, selesai. Lebih baik lagi, jika usaha Anda bisa Google-able dan Waze-able.

Tahukah Anda?. Jika nilai waralaba yang bisa sampai selangit itu, kuncinya ada pada perlindungan Merek atau brand bisnisnya. Rasanya tidak mungkin, jika valuasi satu gerobak kebab dan peralatannya bisa mencapai 1 milyar atau lebih. Kontribusi terbesar pada valuasi bisnis bukanlah terletak pada tangible asset (aset terlihat) nya, namun pada brandingnya.

Mendaftarkan merek, sama saja dengan mengamankan aset terbesar bisnis Anda. Setiap pihak yang ingin menggunakan merek Anda, tentunya harus meminta izin kepada Anda sebagai pemilik merek Izin ini yang kemudian bisa dikonversi menjadi royalti. Mengapa? Karena negara melindungi hak ekonomi kita dalam suatu merek.

Daftarkan merek Anda S.E.K.A.R.A.N.G.

Sepertinya agak ribet ya? Tapi apa sih alasan Anda perlu mendaftarkan merek?
1. Merek merupakan ciri khas (diferensiasi) dari usaha Anda;
2. Kompetitor bisnis itu bertebaran, pada saat bisnis berkembang, akan bermunculan kompetitor dengan produk serupa dengan Anda, apa yang membuat produk Anda bertahan di benak konsumen? MEREK;
3. Merek merupakan aset terbesar dari suatu bisnis;
4. Merek yang Anda daftarkan, akan membuat anda memiliki hak ekslusif yang legal secara hukum atas penggunaan merek tersebut.
5. Jika Anda yakin bahwa bisnis anda akan besar, lindungilah Merek Anda sejak dini, sebelum menyesal dikemudian hari.

Bagaimana dengan nama domain bisnis Anda?

Apa sih domain?

Domain adalah nama bisnis online Anda, seperti: yukbisnis.com, juraganforum.com, sheikahijab.com, respiro.co.id, atau pupuksidomuncul.com.

Domain bisnis serupa dengan merek dagang yang harus diamankan. Jangan sampai sudah susah payah membangun bisnis hingga menjulang, eh, mereknya dicaplok orang lain.

Berapa sih harga domain?Hanya berkisar 100 ribu rupiah (pertahun) untuk domain [dot]com, jika belum diambil oleh pihak lain. Jika sudah diambil oleh pihak lain, bisa melejit hingga ratusan juta rupiah untuk 1 domain.

Sadis !

Semakin lama Anda menunda, semakin besar kemungkinan domain Anda diserobot orang lain, apalagi jika merek Anda sudah mulai terkenal.

Jadi, masih nganggap domain gak penting? Banyak-banyaklah beristighfar..

Bangun[branddot]com mu di Yukbisnis.com. Hanya 50 ribu perbulan !

Yuk Bagikan :
The following two tabs change content below.
Mantan anak teknik STM yang banting stir menjadi Internet Marketer ^_^

Diskusi

Komentar