Sulit Fokus Berbisnis? Ikuti Tips Berikut Ini!

fokus

 

Fokus memang sangat diperlukan pada saat anda sedang melakukan pekerjaan apapun, baik dalam melakukan suatu proyek atau menjalankan sebuah bisnis. Karena jika kita tidak bisa fokus, maka anda akan banyak terganggu dengan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan apa yang anda kerjakan.

Terlebih jika anda saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis yang masih kecil dan belum memiliki banyak karyawan, pastinya akan banyak gangguan yang dapat mengganggu fokus anda sehari-hari, karena ada banyak pekerjaan yang menanti anda dan bahkan datangnya ide-ide baru dapat membuat anda tidak fokus dalam satu hal.

Kali ini Yukbisnis akan memberikan beberapa tips agar anda dapat tetap fokus saat sedang menjalankan bisnis anda, dan tips-tips ini bisa kembali membuat anda kembali fokus kepada bisnis anda, ketika anda merasa terlalu banyak yang harus anda lakukan dan belum terselesaikan.

 

Ingatkan diri anda kenapa anda berada di dalam bisnis yang sekarang sedang anda kerjakan.

Anda mungkin tidak fokus ketika anda sedang dipenuhi pikiran-pikiran negatif tentang pekerjaan anda. Terlebih untuk anda yang baru menjalankan sebuah bisnis, dan pada saat yang bersamaan anda merasa bisnis anda tidak bertumbuh atau tidak menghasilkan keuntungan, sehingga anda dipenuhi pikiran-pikiran negatif yang memenuhi otak anda.

Jika anda merasa terganggu dengan hal-hal ini dan membuat anda tidak fokus, coba luangkan waktu sebentar, dan ingatkan kembali diri anda dengan tujuan anda membangun dan menjalankan bisnis anda. Berikan kata-kata yang membangun pada diri anda.

Dengan melakukan hal tersebut anda dapat menjadi lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan anda. Tapi ingat satu hal yang pasti, tidak ada hasil yang instan, semuanya butuh proses dan niat yang teguh.

 

Buatlah daftar prioritas.

Di awal saat anda menjalankan sebuah bisnis baru, anda mungkin dihadapkan dengan banyak pekerjaan sehingga membuat anda kelabakan dan sulit untuk berfokus kepada satu pekerjaan. Hal ini akan berakibat, banyak pekerjaan yang belum terselesaikan, apalagi jika anda tidak mahir dalam melakukan multitasking.

Untuk mengatasi hal ini, ambil selembar kertas atau buat note di gadget anda. Tulis daftar pekerjaan yang anda harus lakukan. Pilih mana yang paling penting, dan letakan di posisi pertama, terus berurutan sampai ke pekerjaan yang tidak terlalu penting.

Lakukan pekerjaan yang telah tertulis di catatan tersebut mulai dari yang paling penting sampai tidak penting. Jangan mencoba melakukan pekerjaan lain selain yang ada dalam daftar tersebut, atau anda akan kembali tidak fokus dengan pekerjaan anda.

 

Selaraskan nafas dan tubuh anda.

Kadang penyebab membuat anda tidak fokus adalah pikiran-pikiran lain yang ada di kepala anda selain pekerjaan anda. Coba luangkan waktu sebentar, pejamkan mata anda selama satu menit, konsentrasi dengan suara-suara disekitar anda dan rasakan nafas anda. Ketika anda melakukan hal ini, anda sedang mencoba menyelaraskan pikiran anda dan tubuh anda. Atau jika Anda sempat, belajarlah bermeditasi.

Ini sangat membantu anda untuk menghilangkan pikiran-pikiran lain yang mengganggu dalam pekerjaan anda dan juga membuat tubuh anda kembali segar sesaat.

 

Minumlah segelas air putih.

Mungkin terdengar sangat biasa dan muda, tapi percayalah jika anda merasa tidak fokus dengan pekerjaan anda, lalu anda meminum segelas air putih, anda akan merasa lebih segar, baik untuk tubuh anda maupun pikiran anda.

Pastikan yang anda minum adalah segelas air putih, jangan mencoba untuk minum minuman lain seperti kopi atau teh, karena minuman tersebut mengandung kafein yang akan membuat anda semakin tidak fokus.

 

Bersihkan meja anda, dan pikiran anda.

Ketika meja kerja anda atau tempat anda bekerja kotor, pikiran anda bisa saja terpengaruh menjadi kotor juga dan membuat anda tidak fokus. Bersihkan dan rapikan tempat anda bekerja, buang semua kertas atau benda yang tidak perlu.

Faktanya pikiran anda sangat terpengaruh dengan mata anda, jika mata anda melihat keadaan yang kotor, maka dia akan mengirimkan sinyal negatif kepada otak anda dan membuat anda sulit untuk berfokus kepada bisnis atau pekerjaan yang sedang anda lakukan.

 

Letakan prioritas anda di tempat yang dapat terlihat jelas.

Ingat poin 2, dimana anda membuat sebuah catatan prioritas dari pekerjaan anda. Pasang catatan tersebut di tempat yang terlihat dengan jelas. Sehingga ketika anda melihatnya anda dapat kembali fokus dengan pekerjaan penting yang harus anda lakukan.

Anda mungkin bisa meletakan catatan di meja kerja anda, atau di dinding berhadapan dengan posisi anda bekerja, jadi anda dapat selalu melihatnya. Pastikan juga catatan tersebut dapat anda baca dengan jelas, jangan sampai terlalu kecil sehingga anda kesulitan untuk membacanya.

 

Apa saja hal-hal yang dapat membuat anda kembali fokus? Share di komentar ya!

 

Ilustrasi: toolstop

Yuk Bagikan :
The following two tabs change content below.
Miss Yubi selalu gemar berbagi artikel dan tips mengenai bisnis online serta event dan berita terbaru YukBisnis.Com. Hari-harinya sibuk berjualan di YubiStore.

Diskusi

Komentar