15 Desain Kemasan Unik Dan Kreatif Untuk Menginspirasi Anda

Print Friendly

desain kemasan

 

Bagi sebuah produk, terutama makanan atau barang retail lainnya, kemasan atau package merupakan faktor penting untuk membuat pelanggan melirik produk Anda. Apalagi jika Anda membidik pasar anak-anak dan remaja, umumnya mereka tertarik untuk mencoba sebuah produk baru bila disertai desain toko, gerobak atau kemasan yang eye-catching.

Kemasan juga penting untuk mempresentasikan produk tersebut dengan jelas. Jangan sampai Anda membuat kemasan untuk jus namun malah dikira kotak tisu, dan sebaliknya. Sekreatif apapun desainnya, bila pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan tidak muncul dalam desain tersebut, percuma saja.

Untuk menginspirasi Anda, berikut adalah macam-macam desain kemasan yang unik, yang barangkali salah satunya bisa dijadikan ide untuk produk Anda.

 

Jooze Juice

juice

Desainnya sederhana dan khas, sehingga mudah diingat dan menarik perhatian. Jooze juga menyertakan sedotan yang warnanya sesuai dengan kemasan untuk melengkapinya.

 

Breakfast Aid

Kotak sarapan ini berkonsep “pertolongan pertama pada perut keroncongan”. Desainnya berkesan vintage, namun mudah dibawa. Di dalamnya sudah tersedia lengkap satu loyang roti dengan mentega, selai, dan pisaunya.

breakfast

 

Cuppets

Es krim memang kesukaan anak-anak. Bila ditambahkan dengan kemasan selucu ini, siapa yang tidak tertarik? Mereka mungkin akan mengoleksinya.

ice cream cups

 

Wanted Snacks

Mungkin potato chips di dalamnya punya rasa yang sama, namun dengan packaging berkonsep “The Wanted” a la koboi ini, mereka punya kesempatan besar untuk memenangkan perhatian konsumen!

chips

 

Dino Gum

Kemasannya didesain sedemikian rupa sehingga permennya muncul sebagai gigi dinosaurus. Semakin banyak makan permennya, semakin ompong dino-nya! (Dan begitu juga dengan gigi Anda!)

gum

 

Bukan baterai…

Meskipun agak melenceng, namun botol salt & pepper di bawah ini luar biasa idenya!

salt pepper

 

Hanger Tea

Tidak ada yang senikmat teh hangat di sore hari. Apalagi jika Anda menyeduhnya dari desain unik yang menyerupai hanger baju ini. Bahkan kantung tehnya pun dibuat seperti baju!

teabag

 

Miniroll Tissue

Dalam satu roll tissue ini, Anda akan diingatkan terus oleh tanggal-tanggal. Bekas tabung kemasannya bisa Anda manfaatkan untuk menanam kaktus. Seru, kan?

tissue

 

Good Day Bakery

Paper bag tidak akan pernah membosankan kalau jadinya seperti ini.

paper bag

 

Nescafe Coffee Milk Straw

Selain unik, kemasan juga harus punya fungsi lebih. Seperti kemasan kopi instan dari Nescafe ini. Setelah kopinya dituang ke gelas dan diseduh air panas, Anda bisa menggunakan bekas kemasannya untuk menyedot kopi yang dibuat. Slurrrp!

coffeemix

 

Panasonic Headphones

Headphones canggih dari Panasonic ini dikemas dalam simbol not musik. Untuk menjadi unik dan kreatif, ternyata tidak dibutuhkan hal-hal rumit. Less is more!

panasonic

 

Meat Shorts

Celana bermotif daging dari Weird Clothing ini dikemas seakan-akan daging sungguhan, lengkap dengan nampan styrofoam dan plastic wrapping. Anda mungkin akan salah mengira itu daging betulan.

meat

 

Anti-Theft Lunch Bag

Tidak ingin makan siang Anda dicuri? Gunakan plastik yang menipu ini! Jika Anda membungkus sandwich dengan plastik ini, maka akan tampak seolah-olah bekal makan siang Anda sudah membusuk. Pencuri tidak akan sanggup mengambilnya.

lunch

 

Chocolate Pills

Siapa yang suka minum obat? Tentu saja hampir semuanya tidak menyukainya. Tapi, Anda pasti akan menyukai obat ini. Cokelat ini dikemas sehingga mirip pil obat. Mungkin ini satu-satunya obat yang selalu dimakan setiap hari!

chocolate

 

Coconut Water

Produk dari alam, buatlah seasli mungkin. Bahkan membungkus air kelapa dengan batok kelapa sungguhan, bila mungkin.

coconut water

 

Masih banyak sekali ide-ide kemasan kreatif di luar sana. Nah, apakah Anda sudah menemukan kemasan yang ideal untuk produk Anda?

 

Ilustrasi: VFS Digital Design

The following two tabs change content below.
Dima Hana, mahasiswi Young Entrepreneur Academy Indonesia dan alumnus E-camp. Senang membaca novel klasik dan menulis.

Latest posts by Dima Hana Mahsunah (see all)

Diskusi

Komentar