Mencari Ide Bisnis dari Kehidupan Sehari-hari

Print Friendly

ide-bisnis

 

Ide memang bisa datang dari mana saja. Disneyland’s Magic Kingdom contohnya, ide dari pendirian taman bermain terbesar di dunia tersebut lahir saat Walt Disney dengan keluarganya sedang berkunjung ke Tivoli Garden, salah satu taman tertua di Eropa. Walt Disney pun berpikir bahwa dia mampu membangun taman yang lebih besar dibanding taman yang dikunjunginya tersebut. Akhirnya Disneyland pun didirikan oleh Walt Disney.

Seorang entrepreneur yang hebat dapat menemukan ide bisnis baru hanya dengan memperhatikan kepada kesempatan di kehidupan sehari-harinya. Seorang penulis buku The Idea Hunter, Andy Boynton mengatakan bahwa dunia ini sebenarnya penuh dengan ide-ide yang sangat bermanfaat, hanya saja sedikit orang yang mampu menggali ide tersebut.

Tidak ada ide yang bisa Anda dapatkan jika Anda mencarinya hanya dengan duduk dan berpikir keras. Anda baru bisa mendapatkan sebuah ide saat Anda memperhatikan keadaan sekitar Anda atau lingkungan Anda. Boynton mengatakan bahwa inovasi bukanlah tentang seberapa pintar diri Anda, tapi tentang bagaimana Anda mencari ide baru.

Dengan mengetahui hal ini, Anda akan mengetahui bahwa sebenarnya banyak ide bisnis yang dapat Anda temukan pada kehidupan sehari-hari Anda, namun tidak pernah Anda sadari.  Berikut adalah 3 tips yang dapat membantu Anda untuk menemukan inspirasi di sekitar Anda.

 

1. Buat daftar dari setiap kesempatan yang Anda sadari.

Sadar atau tidak, dunia ini penuh dengan masalah yang harus diselesaikan. Anda mungkin sering melihat masalah yang terjadi di sekitar Anda yang mungkin orang lain abaikan.

Sebenarnya masalah adalah sebuah peluang untuk Anda menggali ide bisnis didalamnya, catat masalah tersebut dalam sebuah daftar, dan jika Anda memiliki waktu luang Anda dapat mencari ide bisnis dari masalah tersebut.

Jika Anda kesulitan melakukan hal tersebut, mulailah dari diri Anda sendiri. Tanyakan kepada diri Anda, apa yang masalah yang pernah atau sering Anda hadapi sehari-hari? Dapatkah Anda membuatnya semakin mudah? Semakin nyaman? Masalah Anda dapat membantu Anda untuk menemukan sebuah ide bisnis baru.

 

2. Cari ide bisnis di berbagai macam tempat.

Ide bisnis baru membutuhkan sebuah kreativitas, yang tentunya harus dipenuhi dengan sebuah keragaman dan juga sesuatu yang baru. Anda mungkin menemukan ide bisnis yang sangat bagus ketika Anda sedang berlibur atau inspirasi yang tidak terduga muncul saat Anda mengunjungi sebuah lokasi.

Jika Anda bisa membuka mata Anda, jawaban akan ada langsung di depan Anda. Tapi dunia Anda harus cukup luas dan beragam untuk membantu Anda untuk menemukan sebuah ide bisnis baru.

Bayangkan Anda hanya berada di rumah terus menerus, pastinya ada sangat sulit menemukan ide baru, karena dunia Anda hanyalah rumah. Namun jika Anda berkeliling lingkungan sekitar rumah Anda, tentu pandangan Anda akan lebih luas dibanding jika Anda berada di rumah terus menerus.

Selain menjelajah dunia baru, interaksi juga diperlukan. Mengapa? karena Anda tidak dapat mengetahui keadaan serta masalah dunia baru Anda tanpa bertanya kepada orang sekitar tentang dunia baru tersebut. Hal ini pun berujung kepada networking, dimana Anda membangun relasi kepada orang-orang baru dan menggali semua informasi yang tentunya akan memunculkan ide bisnis baru.

 

3. Perhatikan bagaimana orang lain menyelesaikan masalah bisnis mereka.

Di dalam setiap kesempatan, Anda pasti dikelilingi oleh masalah yang orang lain coba pecahkan. Ini merupakan kesempatan untuk belajar. Mulai lihat bagaimana memecahkan masalah mereka, bagaimana mereka membuat semuanya menjadi lebih baik. Anda mungkin akan dapat menemukan cara yang lebih baik untuk menangani masalah yang sama daripada yang orang lain lakukan.

Anda sangat boleh meminjam dan menggunakan ulang dan mengaplikasikan ulang ide bisnis yang Anda lihat atau orang lain sudah lihat. Tentunya dengan cara memecahkan yang lebih baik dari orang tersebut.

Sudah siap mencari ide baru?

 

Ilustrasi: qisur

Disadur secara bebas dari: Entrepreneur

The following two tabs change content below.
Dima Hana, mahasiswi Young Entrepreneur Academy Indonesia dan alumnus E-camp. Senang membaca novel klasik dan menulis.

Latest posts by Dima Hana Mahsunah (see all)

Diskusi

Komentar

Trackbacks

  1. [...] memang sangat mudah, tapi percayalah, untuk mendapatkan sebuah ide yang hebat, dibutuhkan usaha yang hebat juga, karena tidak mudah [...]

  2. [...] fokus anda sehari-hari, karena ada banyak pekerjaan yang menanti anda dan bahkan datangnya ide-ide baru dapat membuat anda tidak fokus dalam satu [...]