5 Hal Yang Tidak Anda Ketahui Dari Dropbox

Dropbox

 

Dropbox memang dirancang untuk mempermudah hidup Anda. Tak perlu lagi takut kehilangan data-data penting karena flashdisk menghilang entah ke mana. Cukup di-upload ke dalam Dropbox Anda dan data tersebut secara otomatis akan ter-update pula di ponsel Android atau iPad Anda. Praktis dan fungsional.

Namun ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan di dalam Dropbox selain menyimpan dan mengunggah file. 10 hal ini bisa lebih mempermudah Anda lagi lewat aplikasi cloud storage yang canggih ini. Berikut ulasannya.

 

1. “Favorite” dokumen untuk offline reading

Jika Anda menandai sebuah dokumen dengan “Favorite”, maka Anda tidak perlu khawatir lagi tidak bisa membaca dokumen tersebut tanpa bantuan jaringan internet.

 

favorite

 

 

2. Gunakan Dropbox sebagai folder utama untuk menyimpan dokumen Anda

Untuk menghemat waktu dan ingatan, sebaiknya Anda menyimpan data-data penting langsung ke dalam folder Dropbox di komputer Anda. Hanya dibutuhkan command sederhana di dalam Mac OS dan perubahan setting yang mudah untuk Windows.

Untuk Mac OS, bukalah Terminal (di dalam Utilities) dan ketikkan cd Dropbox. Tekan enter, kemudian ketikkan ln -s ~/Documents /Documents. Tekan enter lagi untuk menyelesaikan prosesnya.

Untuk Windows, klik kanan pada folder¬†“My Documents”, pilih “Properties” dan klik “Move”. Kemudian pilih folder Dropbox Anda.

default

 

 

3. Menemukan komputer Anda yang hilang

Benar, Dropbox bisa melacak komputer yang hilang! Caranya? Perhatikan video berikut ini:

 

 

4. Menambah kapasitas secara gratis

Jika Anda menggunakan Dropbox secara gratis, maka secara standar Anda hanya akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebanyak 2GB. Merasa kurang? Jangan khawatir, Dropbox menawarkan cara-cara untuk menambah kapasitas tanpa harus membayarnya.

Anda bisa mendapatkan 500MB untuk setiap teman yang Anda rekomendasikan menggunakan Dropbox, dan 250 MB untuk tugas-tugas yang diberikan saat Anda pertama kali mendaftar Dropbox.

125 MB lagi bisa anda dapatkan jika meng-connect ke beberapa social media, dan beberapa pilihan lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan free space.

 

free storage

 

 

5. Mem-back up website Anda

Internet memang menakutkan, terkadang Anda cemas seluruh post yang telah Anda buat dengan susah payah dalam website pribadi Anda, tiba-tiba akan hilang secara misterius. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mem-back up konten website Anda ke dalam Dropbox, dengan menggunakan BackUp Box atau plug-in WordPress (khusus untuk pengguna WordPress).

 

wordpress

 

Apalagi yang bisa Anda lakukan dengan Dropbox? Share di komentar yuk!

 

Ilustrasi: ilamont.com

The following two tabs change content below.
Miss Yubi selalu gemar berbagi artikel dan tips mengenai bisnis online serta event dan berita terbaru YukBisnis.Com. Hari-harinya sibuk berjualan di YubiStore.