Dasar-dasar Blogging untuk Toko Online

Blog Ideas

 

Sebagai pemilik toko online, Anda pastilah disibukkan dengan aktivitas mengenai pembuatan detail produk, mulai dari foto produk, deskripsi produk, spesifikasi produk hingga informasi-informasi lain yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Namun, Anda tidak mungkin memuat hal-hal tersebut menjadi satu dalam situs belanja online Anda, terlebih lagi bila situs tersebut tidak menyediakan fasilitas-fasilitas yang bersangkutan dengan hal-hal yang tersebut di atas.

Salah satu alternatif dari masalah ini adalah dengan membuat sebuah blog khusus untuk menyokong toko online Anda. Blog adalah satu-satunya jejaring sosial yang dapat memuat konten yang sangat banyak dan panjang. Berikut beberapa alasan kenapa harus membuat blog untuk mendukung situs belanja online Anda:

  • Blog mudah dioperasikan. Tidak seperti website, blog sangatlah mengerti penggunanya. Anda tidak perlu repot-repot menyusun kode HTML atau semacamnya. Blog telah menyederhanakan semuanya.
  • Beberapa blog telah didukung oleh fasilitas SEO, contohnya BlogYubi.
  • Kebanyakan orang mencari informasi yang menarik dan search engine menawarkan pada mereka beberapa rekomendasi yang berupa blog. Tentu saja konten yang ada harus benar-benar bagus dan berkualitas agar pembaca tidak kecewa.
  • Blog menjadi sarana yang bagus untuk menjaring pelanggan-pelanggan baru, terlebih lagi jika Anda menyediakan konten yang unik dan populer untuk mereka.

Berikut beberapa dasar blog yang harus Anda perhatikan bila ingin memulai sebuah blog yang mewakili toko online Anda:

 

1. Tulislah Trend Terbaru

Menuliskan sesuatu yang sedang in pastilah akan menjadi bacaan yang menarik banyak orang. Anda bisa membuat topik mengenai trend fashion terbaru, misalnya, atau model-model sepatu yang sedang up-to-date. Anda juga dapat memadu-padankan penampilan dengan menggunakan produk Anda. Hal ini akan memancing pelanggan untuk membeli produk Anda.

Selain fashion, bidang teknologi atau gadget juga dapat dibuatkan review setiap produknya. Berikan beberapa tips dan trik yang mudah digunakan dengan memakai sebuah smartphone yang Anda jual.

Review-lah beberapa aplikasi yang berguna dan game-game terbaru yang sedang hangat dibicarakan, misalnya “Temple Run 2”. Ada banyak sekali konten yang dapat dibagikan kepada pelanggan dan tentu saja dapat membantu menaikkan trafik penjualan Anda.

 

2. Posting Beberapa Rekomendasi dari Pelanggan

Hal seperti ini adalah cara yang sangat mudah untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Jika toko online Anda sudah berdiri cukup lama dan memiliki beberapa pelanggan setia, manfaatkanlah mereka untuk berbicara mengenai produk Anda.

Yang saya maksudkan disini adalah mewawancarai pelanggan setia Anda secara khusus untuk berbicara tentang produk Anda. Tambahkan beberapa pertanyaan seperti, “Kenapa memilih toko online ini?”, “Apa saja kelebihan toko online ini menurut Anda?” dan “Apakah Anda mempunyai saran atau kritik membangun untuk toko online ini?”

Lebih baik lagi jika Anda merekamnya dengan video, dan memasukkan foto-foto pelanggan setia Anda tersebut beserta koleksi produk yang pernah dibelinya.

Riset membuktikan bahwa 31% pelanggan membaca rekomendasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Me-review produk dapat menaikkan nilai konversi hingga 4,6%. Lumayan, kan?

 

3. Manfaatkan Social Media Lainnya

Menemukan social media atau jejaring sosial yang tepat bagi toko online Anda sedikit rumit. Anda tentu saja tidak bisa menggunakan salah satu dari Facebook atau Twitter. Tetapi buatlah beberapa strategi yang menghubungkan jejaring sosial bisnis Anda termasuk blog agar Anda dapat menjangkau semuanya.

Dengan penggunaan dan porsi yang tepat, blog Anda dapat digunakan untuk menjaring pelanggan menuju akun Twitter atau sebaliknya. Lakukanlah sesuatu yang dapat menjadi daya ungkit bagi bisnis Anda.

 

4. Berikan Pengalaman Berbelanja Online

Bagi toko online yang mempunyai store atau toko offline sendiri, penjualan paling banyak pastilah berasal dari jaringan offline-nya, meskipun pelanggan mungkin datang dari promosi lewat social media seperti Twitter atau Facebook.

Melalui blog Anda, cobalah untuk membuat konten yang dapat membuat oelanggan merasakan pengalaman yang berbeda dalam berbelanja online daripada di toko. Buatlah tampilan foto yang memberikan detail produk secara jelas, atau masukkan beberapa animasi sederhana yang dapat menyenangkan pelanggan bila berkunjung ke blog Anda.

 

Tidak peduli Anda sudah memulai blogging ataupun baru saja akan mencobanya, penulis berharap tips-tips yang ada di dalam artikel ini dapat memberikan Anda inspirasi untuk terus berinovasi.

Sebab, dalam toko online, tingginya tingkat persaingan yang melibatkan banyak praktek, maka perlu bagi Anda untuk mempersenjatai bisnis Anda dengan hal-hal baru sehingga Anda dapat keluar dari lingkaran persaingan yang melingkupi Anda.

Mulai sekarang, temukan tipe blog seperti apa yang paling disukai oleh pelanggan Anda.

Anda belum punya blog? Silahkan daftar ke BlogYubi. Gratis!!

 

Ilustrasi: owenwbrown

Terinspirasi dari: Top Rank Blog

The following two tabs change content below.
Miss Yubi selalu gemar berbagi artikel dan tips mengenai bisnis online serta event dan berita terbaru YukBisnis.Com. Hari-harinya sibuk berjualan di YubiStore.

Trackbacks

  1. […] disadur dari┬áhot.yukbisnis.com […]

  2. […] Anda memiliki blog yang tidak optimal secara SEO, itu akan jauh lebih baik daripada bisnis Anda tidak memiliki blog […]

  3. […] Anda memiliki blog yang tidak optimal secara SEO, itu akan jauh lebih baik daripada bisnis Anda tidak memiliki blog […]