3 Elemen Pemasaran Online

Sign Board

Setelah Anda memiliki toko online, langkah selanjutnya adalah memasarkan produk Anda. Agar pengunjung toko Anda banyak, ada 3 elemen dasar yang harus Anda perhatikan:




1. SEO


 SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah metode mengoptimalkan toko online Anda agar muncul pada halaman awal mesin pencari seperti Google. SEO dapat Anda ibaratkan seperti layaknya sign board (papan nama) pada toko offline. Misalnya jika Anda ingin membeli perkakas kamera diantara sederetan toko kamera, toko mana yang akan anda pilih?. Tentunya toko yang sign board-nya paling menarikkan?. Dalam dunia maya, sign board yang paling menarik adalah toko online yang muncul pada halaman awal mesin pencari. Karena itu perhatikan hal-hal seperti nama toko, nama produk, serta deskripsi setiap produk. Semakin relevan kata kunci yang Anda pilih, semakin baik urutan toko online Anda pada mesin pencari.



2. Konten



Konten atau kandungan dari suatu situs adalah raja dalam pemasaran menggunakan media apapun di internet. Konten seperti layaknya brosur, katalog, atau SPG pada toko online, fungsinya memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai produk, layanan, atau hal apapun yang berkaitan dengan toko Anda. Dalam dunia maya, kebanyakan pengunjung website atau toko online Anda tidak akan perduli siapa Anda. Mereka hanya perduli apa manfaat untuk mereka. Jika toko online Anda hanya berisi foto-foto produk, deskripsi dan harga, maka tidak ada manfaat lebih yang pengunjung dapatkan (kecuali harga Anda SANGAT murah.) Maka isilah toko online Anda dengan konten bermanfaat. Tulislah blog, berikan informasi yang tepat, edukasilah pasar Anda.



3. Social Media



Social media 
(seperti twitter, facebook) merupakan sarana yang baik sekali untuk membangun basis pelanggan yang loyal. Social media jika digunakan dengan tepat dapat mendatangkan pembeli yang baru, menjaga pembeli yang lama, serta memberikan dampak yang baik untuk SEO. Saat ini, sulit sekali menemukan pelanggan yang tidak memiliki akun Facebook dan perusahaan atau merek yang tidak memiliki akun Twitter. Karenanya social media dapat membuat toko online Anda semakin terhubung dan mudah untuk berkomunkasi dengan pelanggan serta membangun komunitas.



Kesimpulan



Ketiga elemen diatas berhubungan sangat erat. Konten yang baik dan di-update secara berkala merupakan senjata SEO yang dahsyat serta sarana yang baik untuk menambah jumlah teman atau follower pada akun social media Anda. Percakapan yang aktif di Twitter juga akan memperbaiki peringkat Anda di mesin pencari. Pertanyaan yang sering ditanyakan di Facebook Anda dapat menjadi ide konten yang baik di blog. Semua berhubungan.



Karena itu optimalkanlah ketiga elemen ini untuk mendongkrak pengunjung (dan tentunya penjualan) ke toko online Anda.



Yukbisnis membuat penggunaan ketiga elemen diatas menjadi sangat mudah. Sudahkah Anda mendaftar?

 

Ilustrasi: https://www.flickr.com/photos/savagecats/

Yuk Bagikan :
The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.

Diskusi

Komentar