Berkenalan Dengan Facebook Edge Rank

Edge

 

 

Pada artikel-artikel sebelumnya, saya sering menyinggung mengenai Facebook Edge Rank. Namun apakah sebenarnya Edge Rank itu? Apa pengaruhnya kedalam promosi bisnis Anda?

Seperti yang sudah saya tuis pada artikel sebelumnya hanya 1% dari pengunjung Facebook Page Anda yang akan kembali kesana. Jadi Anda harus lebih banyak fokus ke apa yang Anda posting atau bagikan di Facebook Page Anda. Namun kabar buruknya lagi, tidak semua posting Anda di Facebook akan terlihat oleh orang yang sudah me-“Like” Facebook Page Anda.

Facebook memilah-milih posting siapa yang akan muncul di newsfeed Anda dengan sebuah algotimya yang bernama: Edge Rank. Website Copypress membuat infografik yang sangat bermanfaat untuk memudahkan kita memahami Edge Rank. Beberapa point penting yang harus Anda tahu antara lain:

  1. Edge Rank dipengaruhi oleh 3 elemen utama: Affinity Score, Weight Score, dan Recency Score.
  2. Affinity Score adalah nilai yang didasarkan antara interaksi 2 orang. Semakin tinggi interaksi Anda terhadap teman Anda di Facebook, semakin sering posting Anda akan terlihat di newsfeed teman Anda tersebut (lihat contohnya pada infografik dibawah.)
  3. Weight Score adalah bobot posting yang Anda bagikan ke Facebook. Text memiliki bobot nilai yang lebih rendah daripada gambar/ foto. Dan gambar/ foto memiliki bobot nilai yang lebih rendah daripada video. Jadi semakin bervariasi posting yang Anda update ke Facebook, semakin besar peluang bisnis Anda akan terlihat.
  4. Recency Score adalah nilai kekinian. Semakin baru update posting Anda, semakin tinggi kemungkinan posting tersebut akan terlihat oleh banyak orang.
  5. Semua aturan Edge Rank berlaku bagi akun Facebook biasa juga halaman Facebook Page untuk bisnis.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat infografik dibawah ini:

 

What is EdgeRank?

 

 

Sumber infografik: CopyPress

Ilustrasi: eilonwy77

The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.
Yuk Bagikan :

Diskusi

Komentar