SEO Untuk Toko Online: Mengenal Meta Description

SEO-toko-online

 

Salah satu unsur paling penting dalam pemasaran toko online Anda adalah mengoptimalkannya dari sisi SEO atau membuat toko Anda bersahabat dengan mesin pencari. Dengan mudahnya toko online Anda untuk ditemukan oleh pasar, pengunjungpun akan datang dengan sendirinya. SEO yang baik dapat menjadi leverage yang luar biasa bagi bisnis Anda, karena sifatnya yang auto-pilot atau dapat mendatangkan pengunjung ke toko online Anda walaupun Anda tidak terlibat langsung.

Di YukBisnis HOT kita sudah sering membahas mengenai pengoptimalan SEO terutama untuk toko online. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu elemen SEO yang sering sekali diabaikan yaitu: meta description. 

Pernahkah Anda ingin membeli DVD film (yang original tentunya) namun tidak mengetahui cerita didalam film itu sama sekali? Anda bahkan belum pernah menonton trailer-nya, dan juga belum mendengar rekomendasi dari teman Anda ataupun membaca review-nya di majalah. Intinya Anda benar-benar buta sama sekali mengenai cerita di film tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Besar kemungkinannya Anda akan membaca sampul belakang dari DVD tersebut. Hal ini karena sampul belakang DVD film biasanya berisi sinopsis atau cuplikan cerita film tersebut.

Nah, meta description berfungsi kurang lebih sebagai sampul belakang dari toko online Anda. Sampul belakang yang baik dapat membantu memutuskan pembeli untuk membeli atau tidak. Atau dalam hal ini, mengunjungi toko online Anda atau tidak. Saat Anda melakukan pencarian di Google atau mesin pencari lain, perhatikan halaman hasil pencarian Anda. Dengan mudah Anda akan melihat cuplikan isi dari halaman website yang akan Anda kunjungi bukan? Lihat gambar dibawah ini:

meta-description

 

Anda melihat keterangan singkat dibawah nama toko online tersebut? Itulah meta description. Google sampai saat ini masih menilai meta description sebagai salah satu faktor penentu utama untuk sebuah halaman web. Karenanya meta description merupakan salah satu elemen yang tidak bisa Anda abaikan untuk setiap produk yang Anda upload ke toko online Anda.

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan untuk menulis meta description yang tidak hanya akan menjual untuk Google, tapi juga untuk calon pembeli Anda.

Jika Anda sudah membuka toko online di YukBisnis, Anda bisa melihat kolom meta description pada bagian bawah halaman saat Anda meng-upload produk maupun dalam halaman pengaturan toko online. Kolom tersebut akan terlihat seperti ini:

 

meta-description-yukbisnis

Atau untuk informasi selengkapnya bisa Anda lihat disini.

 

Riset Kata Kunci

Seperti semua hal dalam SEO, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meriset kata kunci yang sesuai untuk bisnis Anda. Yang harus Anda lakukan adalah melihat apakah kata kunci tersebut ada peminatnya? Berapa jumlahnya? Dan bagaimana persaingannya? Untuk meriset kata kunci, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi yang pernah kami bahas sebelumnya disini.

 

 Setiap Produk Adalah Berbeda

Sesuaikan meta description untuk masing-masing produk. Saya banyak sekali menjumpai pengusaha malas yang hanya meng-copy meta description dari satu produk ke produk lain sehingga mengakibatkan seluruh meta description produknya sama. Hal ini selain bisa berpotensi sebagai duplikasi, juga tidak akan optimal untuk menggambarkan detail produk Anda kepada mesin pencari.

 

Gunakan Kata Kunci Secara Natural

Gunakan kata kunci hasil riset Anda pada bagian-bagian awal meta description. Gunakanlah secara natural seperti Anda akan menulis untuk pembeli Anda, bukan untuk mesin pencari. Jangan menggunakan kata kunci yang sama berulang-ulang, bisa-bisa Google menganggap toko online Anda adalah spam. Lihat contoh bagaimana YukBisnis menggunakan kata kunci “komunitas bisnis” dalam meta description dibawah ini:

 

meta-description-yukbisnis

 

Singkat, Padat, Jelas

Tulislah meta description Anda dibawah 160 karakter. Usahakan seluruh kata kunci, nilai tambah produk, diferensiasi, dan elemen-elemen pemasaran lain masuk kedalamnya. Jika Anda membidik pasar lokal, Anda boleh menuliskan nama kota: seperti “Bandung” didalam meta description tersebut agar memudahkan pembeli Anda untuk menemukan toko offline Anda.

 

Uji Dan Ukur

Tidak ada formula khusus dalam menulis meta desccription yang akan berhasil muncul dengan sukses dalam hasil pencarian. Anda harus terus melatih dan mengasah kemampuan Anda menulis deskripsi produk yang sinngkat dan menjual. Anda bisa meng-edit meta description Anda kapan saja. Karenanya cobalah beberapa kunci yang meurut Anda dan ukurlah seberapa efektif kata kunci tersebut dengan menggunakan Google Analytics. Dari sini Anda akan mulai menemukan pola perilaku pembeli Anda.

 

SEO adalah sebuah disiplin ilmu yang butuh ketekuan dan jumlah jam latihan yang tidak sedikit, Karenanya jangan bosan berlatih dan mencoba hal-hal baru.

Selamat latihan.

 

Ilustrasi: thms

Yuk Bagikan :
The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.

Diskusi

Komentar