3 Aplikasi SEO Untuk Pemula

Belajar SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah teknik untuk mengoptimalkan website kita sehingga dapat muncul pada halaman pertama mesin pencari. Salah satu teknik mendasar dari SEO adalah mengoptimalkan keyword atau kata kunci agar mesin pencari mudah untuk menemukan produk Anda. Berikut ini adalah 3 aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan riset mendasar mengenai kata kunci apa yang sesuai untuk toko online Anda. 

Alexa.com

Alexa adalah sumber informasi website di internet. Alexa akan memberitahu Anda seberapa populer sebuah wesite berdasarkan beberapa variable dan memberikan peringkat terhadap website tersebut. Peringkat ini disebut: Alexa Rank. Namun selain menentukan peringkat, Alexa dapat Anda menfaatkan juga untuk meriset kata kunci sederhana. Anda dapat memanfaatkannya untuk mengetahui kata kunci apa saja yang membawa pengguna ke website yang populer di mesin pencari. Berikut ini tahapannya:

1. Buka Alexa.com dan tuliskan website yang ingin Anda riset kekolom yang tersedia.

Alexa

 

2. Anda akan mendapatkan informasi mengenai Alexa Rank website tersebut. Klik tombol “Get Details” yang ada disebelah kanan.

Alexa Rank

 

3. Dihalaman detail klik “Search Analytics” yang ada dimenu sebelah bawah.

Alexa Details

 

4. Disebelah bawah Anda akan melihat analisis kata kunci apa yang mendatangkan traffic ke website tersebut. Perhatikan popularitas kata kunci (kolom kedua dari kanan) data ini akan memberitahu Anda seberapa populer kata kunci tersebut digunakan oleh pengguna mesin pencari. Kolom paling kanan akan memberitahu Anda tingkat kompetisi kata kunci (banyaknya kata kunci tersebut digunakan oleh website lain.)

Alexa Keyword

 

Ubersuggest.org

Jika Anda menuliskan apapun di kolom pencarian Google, Anda akan mendapatkan rekomendasi kata kunci dari Google bahkan saat Anda belum selesai mengetik. Contohnya seperti ini.

Google Suggenstions

Itulah yang disebut keyword suggestion atau saran/ rekomendasi kata kunci dari Google. Jika Google merekomendasikan kata kunci tersebut, artinya kata kunci itu pernah atau bahkan sering ditulis di kolom pencarian.

Ubersuggest.org berfungsi persis seperti Google keyword suggestion namun dengan hasil rekomendasi yang lebih lengkap dan detail. Isilah kata kunci yang Anda mau di kolo Ubersuggest.org dan pilih basaha Indonesia (jika target pasar Anda berada di Indonesia.) Klik Suggest.

ubersuggest

 

Anda akan mendapatkan satu halaman yang sangat panjang berisi rekomendasi kata kunci yang sangat banyak. Namun kata kunci yang berada diatas adalah yang paling direkomendasikan oleh Ubersuggest.org

hasil Ubersuggest

 

Silahkan bereksperimen untuk menemukan kata kunci yang sesuai untuk Anda.

 

Google Adwords: Keywords Tool

Mungkin aplikasi terakhir ini adalah aplikasi paling populer dalam meriset kata kunci. Tulislah kata kunci yang Anda inginkan, pilih kategori bisnis Anda. Pilih filter untuk Indonesia dan bahasa Indonesia (jika target pasar Anda berbahasa Indonesia.) Klik Search.

Google Adwords Keywords

Anda akan mendapatkan hasil seperti ini. Anda bahkan dapat men-download hasil pencarian Anda untuk riset lebih lanjut.

Hasil Keyword Tool

 

Aplikasi ini akan menghasilkan hasil yang detail mengenai popularitas dan kompetisi kata kunci Anda. Google juga memberikan rekomendasi kata kunci seperti Ubersuggest.org.

 

Kini waktunya Anda bereksperimen dengan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda. Penguasaan kata kunci akan menjadi fondasi penting dalam penerapan SEO kedalam toko online Anda.

Selamat Mencoba.

Ilustrasi: marciookabe

Yuk Bagikan :
The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.

Diskusi

Komentar

Trackbacks

  1. […] pencari terbesar ini, yang harus Anda lakukan adalah mengoptimalkan website Anda baik dari sisi SEO, maupun dari sisi marketing yang […]

  2. […] dibelakang layar seperti Meta Title dan Meta Description untuk keperluan SEO toko online Anda. Risetlah kata kunci yang baik sebelum […]

  3. […] Teknik SEO adalah kemampuan wajib yang harus Anda miliki jika bisnis Anda tak ingin tergoyang di tahun 2013. Teknik SEO dalam mengembangkan bisnis online mengalami beberapa perubahan seiring dengan algoritma pencarian mesin pencari. Pastikan Anda punya bekal ilmu SEO dan jangan lelah meng-update perkembangan teknik SEO terbaru. Pasalnya, ada beberapa teknik SEO lama yang saat masih digunakan justru bisa mematikan visitabilitas website Anda. […]

  4. […] cek apakah kata kunci tersebut sering digunakan oleh target pasar Anda. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi kata kunci gratis yang banyak tersedia di internet. Kata kunci ini akan Anda gunakan untuk bagian meta […]

  5. […] memiliki komunitas yang aktif di internet. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan dengan meriset kata kunci atau riset pasar melalui Twitter untuk mengetahui tingkat permintaan suatu produk atau layanan […]