Promosi Toko Online Menggunakan Facebook

Facebook Like

 

Karena alasan teknis, YukBisnis untuk sementara akan me-nonaktifkan layanan auto-posting ke Facebook.  Namun Anda tidak perlu khawatir, pada artikel ini kami akan memberikan beberapa tips menggunakan Facebook untuk promosi toko online Anda di YukBisnis. Kelebihan lain adalah, dengan berpromosi secara manual, maka isi pesan Anda ke Facebook dapat lebih bervariasi dan bersifat pribadi.

Ada 2 metode utama dalam mempromosikan produk Anda melalui Facebook. Walaupun hasil akhirnya akan sama, namun terdapat perbedaan mendasar dalam kedua metode tersebut yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Metode Pertama: Menggunakan Tombol “Facebook Share”

Metode ini dapat Anda gunakan langsung dari halaman detail produk Anda. Metode ini hanya bisa untuk Facebook profile biasa atau profil pribadi Anda dan TIDAK untuk Facebook Page. Pastikan Anda sudah login kedalam Facebook dan ikuti langkah berikut ini:

1. Dibagian bawah foto produk, Anda akan melihat tombol berwarna biru dengan tulisan “share” dan logo Facebook, lihat gambar dibawah.

Facebook Share

 

2. Klik tombol tersebut, sebuah window baru akan muncul yang berisi rangkuman produk Anda.

3. Pilihlan cuplikan gambar (thumbnail) yang paling sesuai dengan meng-klik beberapa kali pada bagian gambar hingga Anda menemukan foto produk Anda. Hal ini penting agar calon pembeli Anda bisa langsung melihat produk Anda di halaman Facebook mereka. JANGAN centang “No Thumbnail.”

4. Tulis pesan yang ingin Anda sampaikan ke calon pembeli Anda, misalnya “Ini cocok untuk hari Ibu :)”

 

Facebook share window

 

 

5. Periksa lagi isi pesan dan gambar thumbnail Anda. Jika sudah klik tombol “Share Link.” Periksalah profil Facebook Anda apakah Anda berhasil mengirimkan promosi produk Anda ke Facebook.

 

Metode Kedua: Copy URL Secara Manual

Metode kedua ini lebih fleksibel daripada metode pertama. Dengan metode ini Anda bisa memilih apakah ingin mempromosikan produk Anda kedalam profil Facebook pribadi, atau halaman Facebook page bisnis Anda, sesuai pilihan. Pastikan Anda sudah login ke Facebook dan ikuti langkah berikut ini:

1. Buka halaman detail produk Anda dan copy URL yang Ada di bagian atas browser Anda. Perhatikan gambar dibawah ini:

 

URL YukBisnis

2. Letakkan URL tersebut ditempat Anda meng-update status. Cuplikan produk Anda akan muncul.

Ulangi langkah 3 dan 4 dari metode pertama diatas.

5. Jika Anda menggunakan Facebook Page , maka Anda bisa menjadwal kapan promosi produk Anda akan muncul. Setelah foto produk Anda muncul, klik simbol jam yang ada di sudut kiri bawah. Pilih tahun, bulan, hari, kemudian jam berapa promo Anda akan muncul ke calon pembeli. Lihat gambar dibawah:

 

Facebook Status

 

6. Periksa kembali foto produk dan jadwal Anda, setelah selesai klik tombol “Schedule.” Jika sudah selesai, periksalah halaman Facebook Anda.

 

Kombinasikan promosi yang ada disini dengan promosi visual melalui Facebook Cover Anda untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Selamat mencoba.

 

Yuk Bagikan :
The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.

Diskusi

Komentar

Trackbacks

  1. […] Tuliskan kata kunci SATU KALI pada bagian awal Meta Description. Walaupun konon kabarnya hal ini tidak mempengaruhi peringkat Anda di Google, namun memiliki Meta Description Yang baik, akan lebih menarik orang lain untuk meng-klik toko Anda. Hal ini juga akan membantu jika Anda menggunakan Facebook untuk mempromosikan produk Anda. […]

  2. […] Page adalah sarana yang bagus untuk Anda para pebisnis online, karena fasilitas yang disediakan sudah cukup mumpuni, lebih dari fasilitas akun Facebook biasa. […]