‘Starter Pack’ Pebisnis Online, Punya Anda Sudah Lengkap?

Starter Pack adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan satu set hal-hal yang dibutuhkan saat melakukan suatu aktivitas atau untuk pergi ke suatu tempat. Sebagai seorang pebisnis online, sudah sewajarnya memiliki hal-hal berikut ini di kesehariannya:

Baca juga Order Banyak = Omzet Meledak?

1. Ponsel

Di zaman modern ini, setiap orang sulit dipisahkan dengan ponsel. Hampir setiap beberapa jam sekali pasti mengecek ponselnya. Apalagi pebisnis online. Semua aktivitas mulai dari mengecek orderan sampai melayani pelanggan pun setiap harinya tidak lepas dari ponsel.  jangan sampai ponsel Anda tertinggal ya!

 

2. Laptop

gambar laptop

Meskipun ponsel penting, ada juga yang tak kalah pentingnya yaitu laptop. Laptop untuk pebisnis online biasanya digunakan untuk upload produk karena lebih fleksibel dibandingkan dengan upload produk di ponsel. Selain itu mengecek laporan keuangan harian, atau bulanan juga lebih enak menggunakan laptop, sekaligus bisa membuat presentasi untuk rapat.

 

Baca juga Ingin Berkontribusi untuk Indonesia? Lakukan Hal Ini!

 

3. Buku Catatan 


Fitur untuk mencatat memang sudah tersedia baik di laptop maupun di ponsel. Tapi, terkadang semuanya masih harus dituliskan di buku berupa corat-coret, apalagi ide yang suka terlintas tiba-tiba. Mencoret di atas kertas kadang lebih menyenangkan dan lebih diingat dibanding mencatat sesuatu di ponsel.

4. Koneksi Internet

Disebut sebagai bisnis online, sudah pasti kegiatan yang dilakukan hampir seluruhnya terjadi di dunia maya. Oleh sebab itu, koneksi internet tidak boleh terputus. Mulai dari kuota data yang digunakan di ponsel, atau menggunakan mobile wifi yang digunakan ke mana saja. Tapi jika lebih banyak waktu dihabiskan di rumah, akan lebih hemat kalau berlangganan internet di ISP ya. Pokoknya, nggak ada internet nggak ada bisnis!

 

Baca juga Ternyata 2 Hal Sepele Ini Bikin Anda Gagal Closing!

 

5. Media Sosial

 

Setiap media sosial memiliki perbedaan cara penggunaan dan interaksi. Twitter bisa untuk berinteraksi secara real time dengan followers juga sebagai mini blog. Facebook bisa digunakan untuk mengumpukan saran dari para followers, memposting sesuatu yang berkaitan dengan produk, juga untuk posting video yang berdurasi panjang. Lain halnya dengan Instagram yang lebih menekankan ‘visual’, Instagram berfungsi sebagai galeri online yang berisi konten kreatif dari sebuah brand. Jika Anda memanfaatkan feed Instagram dengan baik, tentunya Anda juga bisa menarik minat followers Anda.

 

6. Media Komunikasi

 

Banyaknya jenis media komunikasi yang bisa digunakan, akhirnya harus membuat pebisnis online memilih platform terbaik untuk chat. Ada email, LINE, Whatsapp, BBM, Telegram, online chat seperti Tawk.to dan Zendesk. Anda pilih yang mana?

 

Baca juga Maaf, Tapi Inilah Faktanya Jualan di Sosial Media

 

7. Website atau Toko Online

Nah, jika Anda serius menjadi pebisnis online. Sudah pasti Anda sadar akan pentingnya memiliki sebuah website. Anda bisa menyimpan Facebook pixel di website Anda dan menargetkan calon konsumen yang mengunjungi website agar menjadi pelanggan Anda. Selain itu Anda juga tidak perlu repot membalas chat konsumen satu per satu dan menjelaskan detail produk, karena semuanya sudah tertera dengan jelas di website.

Apakah Anda sudah memiliki semuanya? Coba tengok poin ketujuh, pebisnis online yang tidak punya website sama saja seperti pemilik bisnis yang mengikuti setiap bazaar namun tidak pernah punya toko sendiri.

Takut punya website karena biaya pembuatannya mahal? Jangan khawatir! Bikin website di Yukbisnis.com hanya 100 ribu per bulan!

Kalau masih ragu, bisa dicoba dulu versi gratisnya. Biayanya nol rupiah!

 

KLIK DI SINI >>> BUAT WEBSITE Rp 100 ribu

Yuk Bagikan :
The following two tabs change content below.

Anita Yulia

Seorang lulusan Sarjana Teknik Industri yang punya hobby menulis dan bermain biola.

Diskusi

Komentar