Kenapa Kompetitor Selalu Membuka Tokonya Bersebelahan Dengan Toko Anda?

We'll Buy an Ice Cream
Kenapa SPBU selalu berada dalam posisi yang berdekatan?

Pernahkah Anda jalan berkilo-kilo meter tanpa menemukan satupun rumah makan? Namun, perhatikan, begitu Anda menemukan satu rumah makan, maka rumah makan yang lain biasanya berada berdekatan, entah itu bersebelahan maupun berhadapan.

Kenapa hotel, rumah makan, bengkel, seringkali berkelompok di satu lokasi dan bukannya menyebar?

Mungkin Anda sering berfikiran. Kenapa tidak membuka bisnis di lokasi yang lebih menyebar dan mungkin minim persaingan?

Hal inilah yang berusahan dijawab oleh Jac De Haan dalam salah satu materinya di TED. Ia mengemukakan beberapa jawaban kenapa kompetitor Anda akan membuka bisnisnya bersebelahan dengan Anda dan bukannya malah memilih lokasi lain untuk menjaring pasar yang baru. Jac menyebutnya dengan istilah: “Hotelling’s Model Of Spattial Competition.”

Dalam presentasinya, Jac menggambarkan kasus ini dengan Ed, seorang penjual es krim di pantai. Ed akan memilih lokasi terbaik di pantai, yaitu: tepat di tengahnya! Hal ini akan membuat gerobak es krim Ed berada di posisi optimal dan akan membuat pengunjung pantai lebih mudah untuk melihat gerobaknya tersebut. Pengunjung yang berada di posisi mana pun di pantai akan memiliki jarak berjalan yang relatif sama untuk menuju ke toko ED. Inilah yang disebut dengan: “Socially Optimal Solution” (S.O.S.) yang intinya adalah meminimalisir usaha atau langkah yang digunakan untuk mencapai lokasi toko Anda darimanapun calon pembeli Anda berasal.

 

Toko-ed

 

Namun masalahnya muncul saat kompetitor Anda membuka toko yang sama dengan produk yang sama dilokasi yang sama, dengan target pasar yang sama. Maka disini Anda akan saling mengoptimalkan lokasi bisnis dan berusaha mencuri pasar dari kompetitor. Saat tidak ada lagi yang tersisa dari lokasi bisnis Anda untuk dioptimalkan, Anda dan kompetitor akan mencapai sebuah titik yang disebut: “Nash Equilibrium” (titik kestimbangan Nash.) Jika Anda pernah menonton film “A Beautiful Mind” Anda mungkin pernah mendengar istilah ini.

nash-equilibrium

 

Saat bisnis Anda sudah mencapai titik kestimbangan Nash, Anda dan kompetitor Anda tidak akan mampu mengoptimalisasi lokasi bisnis lagi. Disini Anda akan mendapatkan jatah lokasi yang sama untuk menarik pasar Anda. Karenanya, untuk memenangkan persaingan Anda harus menggunakan strategi promosi lain, mengembangkan brand yang kuat, serta diferensiasi dan positioning yang jelas.

Walaupun terdengar rumit, penjelasan diatas dipresentasikan secara sederhana didalam video berikut ini, dengan animasi yang ringan dan sederhana Anda akan dengan mudah mengerti semua penjelasan mengenai kenapa Anda dan kompetitor Anda tidak akan bisa berpisah jauh. Selamat menikmati:

Referensi lebih lanjut:

https://ed.ted.com/lessons/why-do-competitors-open-their-stores-next-to-one-another-jac-de-haan#watch

https://en.wikipedia.org/wiki/Competition_%28economics%29

 

Ilustrasi: 13ddr

The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.

Trackbacks

  1. […] dapat memenuhi kepuasan semua pihak yang berkepentingan dengan elemen-elemen kerjasama dan┬ákompetisi.Termasuk di dalamnya, tindakan yang dilakukan ketika berkomunikasi, kerjasama atau memengaruhi […]