Lakukan 4 Hal ini untuk Merebut Hati Konsumen

hati

Sebagai pelaku usaha, Anda membutuhkan konsumen untuk mengkonsumsi produk usaha Anda. Melayani konsumen memang gampang-gampang susah. Ada kalanya Anda sudah memberikan yang terbaik, tapi konsumen masih saja melirik produk pesaing. Lantas, apa sih sebenarnya yang dicari oleh konsumen?

Pelayanan Terbaik

Konsumen adalah raja, jadi Anda perlu memperlakukan mereka dengan baik. Maka, penting untuk menanamkan pada karyawan agar mengetahui apa yang diinginkan para konsumen. Pelayanan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

 ‘’Jika Anda seorang merchandiser tanpa program training, kemungkinan menciptakan pengalaman yang hebat untuk pelanggan sangat sulit,’’ ujar Paula Courtney, Chief Executive The Verde Group, lembaga riset retail di Toronto, Kanada.

‘’Melakukan kebijakan adalah jantung dari sebuah bisnis dalam menciptakan pengalaman belanja yang hebat,’’ imbuh Paula.

 

 Istimewa dalam Satu Hal

 Pada umumnya, konsumen mencari produk yang berkualitas, harga murah dan pelayanan cepat. Namun, Anda tidak harus hebat dalam tiga hal tersebut. Ketiga aspek tersebut sebaiknya Anda lakukan, namun pilihlah satu aspek yang menjadikan produk Anda istimewa.

 Pertama, Anda perlu melakukan survey berapa rating bisnis Anda dari segi harga, kualitas dan pelayanan. Jika performa Anda sudah lebih istimewa dalam satu hal dibandingkan dengan kompetitor Anda, usaha Anda sudah siap bersaing dengan yang lain. Tapi ingat, jangan abaikan dua aspek yang lain. Intinya, baik dalam dua hal tapi istimewa dalam satu hal.

 

Konsisten Menjaga Kualitas

 Untuk menjaring konsumen tetap, Anda harus konsisten dalam hal kelebihan dari usaha Anda. Misalnya, usaha Anda unggul dalam pelayanan yang selalu cepat dan tepat waktu meski harga yang Anda tawarkan sedikit lebih tinggi dari kompetitor. Pertahankan kualitas tersebut, jangan sampai tindakan kecil merusak kepercayaan dari konsumen.

 Salah satu hal yang harus rutin Anda lakukan adalah menggiatkan promosi tentang kelebihan Anda dibanding kompetitor. Jangan lupa, selalu pantau perkembangan kompetitor agar posisi Anda tetap selalu unggul.

 Kemudian, jangan cepat puas dengan posisi yang Anda raih sekarang. Terus berkembang dan memperbaiki diri agar konsumen tetap kian bertambah. Pertahankan kelebihan, dan terus perbaiki kekurangan.

 

Fokus Pada Kelebihan Anda

Dalam menghadapi persaingan bisnis, Anda harus siap menghadapi kenyataan bahwa bisnis Anda masih punya kelemahan. Apalagi jika kompetitor Anda lebih unggul dan punya banyak konsumen tetap. Jangan berkecil hati, pelajari alasan mengapa mereka lebih memilih perusahaan lain ketimbang menjadi pelanggan Anda.

 Ini realitanya: pelanggan Anda tidak ada waktu untuk menunggu Anda memperbaiki kekurangan Anda, jadi jangan habiskan pikiran dan tenaga Anda hanya untuk menghapus kekurangan bisnis Anda. Tutupilah kekurangan bisnis Anda dengan kelebihan yang dimilikinya. Jika kompetitor memiliki rasa makanan yang lebih enak di restoran mereka, restoran Anda bisa fokus ke kesempurnaan layanan seperti pada point pertama diatas. Toh 80% penjualan terjadi karena pembeli menyukai penjualnya, bukan karena produknya. Nantinya setelah restoran Anda memiliki pelanggan tetap yang menyukai layanan Anda, perlahan-lahan Anda bisa memperbaiki rasa makanannya.

Ingatlah, bisnis Anda akan selalu memiliki kekurangan, namun jangan biarkan kekurangan itu menghalangi Anda untuk mendapatkan pelanggan.

Ilustrasi: kavo1

The following two tabs change content below.
Miss Yubi selalu gemar berbagi artikel dan tips mengenai bisnis online serta event dan berita terbaru YukBisnis.Com. Hari-harinya sibuk berjualan di YubiStore.

Trackbacks