Panduan Lengkap Membuat Facebook Fan Page

Facebook Logo

 

Facebook sampai saat ini masih menjadi salah satu sarana pemasaran yang sangat ampuh. Dengan jumlah pengguna masih yang terbesar di antara layanan social media sejenis dan kemampuan untuk membidik pasar yang sangat tertarget, Facebook menjadi sebuah layanan yang sayang sekali jika tidak Anda manfaatkan untuk membantu membesarkan bisnis Anda.

Facebook sudah menyediakan layanan yang sangat komplit untuk menunjang bisnis Anda, salah satunya dengan adanya fasilitas Facebook Fan Page atau sering juga disebut hanya Facebook Page saja.

Beberapa kelebihan Facebook Page dibandingkan dengan profil biasa atau fitur group di Facebook adalah:

  1. Multi-admin. Artinya Anda dapat mengundang beberapa orang untuk mengelola satu Facebook Page yang sama. Dengan demikian nantinya Anda dapat mendelegasikan pengelolaan Facebook Page Anda ketangan tim Anda, atau ke layanan agency/ konsultan social media yang kini banyak tersedia.
  2. Statistik yang lengkap dan mendetail. Dengan Facebook Page Anda dapat mengukur bagaimana kinerja pemasaran Anda menggunakan Facebook. Berapa banyak yang melihat status Anda, bagaimana kinerja iklan Anda, bagaimana karakteristik fans Anda, dan lain-lain.
  3. Fasilitas untuk bisnis lokal. Fans dapat check-in ke lokasi bisnis Anda. Hal ini akan membantu mendorong efek mulut ke mulut bagi Anda yang memiliki toko fisik seperti rumah makan, toko pakaian, dll.
  4. Fasilitas iklan yang lengkap.
  5. Dan banyak keunggulan lain.

Namun masih banyak pengusaha, terutama UKM, yang masih belum membuat Facebook Fan Page untuk mempromosikan bisnisnya. Karena panduan lengkap ini kami buat untuk membantu Anda mempromosikan bisnis Anda.

Bisnis yang akan kami contoh kan adalah bisnis online yang menjual pakaian. Segala merek dan atribut yang kami gunakan dalam panduan ini hanyalah fiktif semata dan kami buat hanya untuk memudahkan Anda dalam memahami contoh-contoh yang kami berikan. Kesamaan merek dan atribut lain adalah ketidak sengajaan.

Untuk membuat Facebook Page yang baru, Anda bisa langsung mengakses alamat:

Facebook.com/Pages/Create

 

Anda akan menemukan menu berisi 6 jenis Facebook Page yang dapat Anda gunakan untuk berbagai tujuan. Jika bisnis Anda memiliki alamat yang nyata lengkap dengan kode pos-nya, saya sarankan Anda memilih “Local Business or Place.” Namun jika bisnis Anda hanya berbasis online saja, Anda dapat memilih “Company, Organization or Institution” atau “Brand or Product.” Untuk contoh ini, kami akan memilih “Brand or Product.”

 

Create Facebook Page

 

Setelah Anda meng-klik Facebook Page yang ingin Anda buat, Anda dapat memilih sesuai dengan bisnis Anda:

 

Create a Page

 

 

 

Misalnya saya memiliki toko pakaian wanita dengan nama Yuyu. Maka saya pilih “Clothing” dan menuliskan Yuyu pada kolom yang tersedia. Centanglah tanda “I agree to Facebook Pages Terms” yang menandakan bahwa Anda setuju dengan syarat dan ketentuan dari Facebook. Jika Anda memiliki waktu yang cukup, ada baiknya Anda membaca syarat dan ketentuan yang ada, karena selama Anda menggunakan Facebook untuk bisnis, Anda tidak akan bisa lepas dari ketentuan ini terutama dalam mempromosikan bisnis Anda nantinya. Jika Anda menyalahi aturan tersebut, Facebook dapat menghapus Facebook Page bisnis Anda.

Langkah selanjutnya adalah menulis deskripsi bisnis dan alamat website bisnis Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu website atau sudah memilliki akun Twitter, Anda bisa menuliskan semuanya disini dengan meng-klik “Add Another Site,” kolom untuk menuliskan alamat website yang baru akan terbuka untuk Anda. Sediakan waktu untuk menulis deskripsi bisnis yang baik, karena hal ini akan berdampak kepada hasil pencarian yang dilakukan oleh calon pembeli Anda.

 

Description

 

 

Pada bagian bawah, Anda akan melihat tulisan: “Is [Nama Bisnis Anda] a real business, product or brand?” Pilih “Yes“, setelahnya dibawahnya akan muncul tulisan lagi yang menanyakan apakah benar Facebook Page yang Anda buat adalah resmi untuk bisnis Anda, pilih “Yes” sekali lagi.

Langkah selanjutnya adalah meng-upload foto atau logo bisnis Anda.

 

Photo

 

 

Setelah Anda meng-upload logo bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah salah satu langkah terpenting yang akan Anda lalui: menentukan URL bisnis Anda di Facebook. Anda bisa memiliki URL sendiri agar orang lain mudah mengakses Facebook Page Anda nantinya. URL ini memiliki format: www.Facebook.com/NamaBisnisAnda. Jadi misalnya nama bisnis Anda: Yuyu, maka alamat Facebook Page Anda adalah: www.Facebook.com/Yuyu.

Sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilik URL Facebook ini karena sekali Anda menentukan URL-nya, maka Anda tidak bisa merubahnya lagi. Tugas Anda adalah menulis merek atau nama bisnis Anda di kolom yang tersedia. Lihat gambar dibawah ini:

 

Facebook URL

 

 

Setelah URL Facebook Page Anda selesai, maka langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan metode pembayaran menggunakan kartu kredit Anda agar Anda mudah untuk memajang iklan di Facebook nantinya. Jika Anda tidak ingin mendaftarkan kartu kredit Anda sekarang, Anda dapat meng-klik “Skip.” Anda dapat mendaftarkannya kembali kapan saja.

 

Kartu Kredit

 

 

Setelah itu maka Facebook Page untuk bisnis Anda sudah selesai, saat Anda pertama kali mengakses Facebook Page Anda, akan ada tur yang menerangkan semua fungsi Facebook Page. Penggunaan Facebook Page sebagian besar mirip dengan profil Facebook biasa. Jika Anda sudah familiar dengan Facebook, maka menggunakan Facebook Page seharusnya bukan masalah untuk Anda.

Tugas Anda belum selesai. Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Membuat Facebook Cover untuk bisnis Anda.
  2. Mulai mempromosikan bisnis Anda di Facebook.
  3. Berkenalan dengan Facebook Edge Rank agar promosi Anda optimal.
  4. Meningkatkan jumlah fans untuk Facebook Page Anda.
  5. Memperlajari bagaimana perusahaan besar menggunakan Facebook Page. Dari mulai desain cover, hingga aktivitas fans mereka.
  6. Evaluasi Facebook page Anda setiap beberapa waktu. Ukur kinerjanya. Apakah sudah sesuai dengan harapan Anda?
  7. Masih belum berhasil mendatangkan pembeli melalui Facebook? Cari tahu kenapa.

 

 Bagaimana dengan Anda?

Apakah Anda memiliki pengalaman memasarkan bisnis menggunakan Facebook Page? Silahkan ceritakan pada kami pada kolom diskusi dibawah.

Yuk Bagikan :
The following two tabs change content below.
Fikry Fatullah adalah seorang digital marketer dan blogger. Teman-temannya di YukBisnis mengenalnya sebagai Jupe alias Juragan Pemasaran YukBisnis.com.

Diskusi

Komentar

Trackbacks